Kenalan Dengan Ubuntu

30 aprTanggal 30 April dan 1 Mei kemarin saya dan teman-teman Blogger Makassar diundang oleh DEPARTEMEN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA REPUBLIK INDONESIA, Direktorat Jenderal Aplikasi Telematika untuk menghadiri acara Sosialisasi Pengembangan dan Pemanfaatan Sistem Informasi, Perangkat Lunak dan Konten. Seru juga! (foto di samping kiri itu adalah foto saya sama ndy :D)

30 aprHari pertama kita diajak untuk turut peduli dengan kebijakan-kebijakan konten pada internet nantinya. Yeah, kami sih oke-oke aja, selama tidak menghalangi kebebasan berekspresi para blogger. Ya nggak? :D hihihi.. Terus dibagikan CD Gratis, yaitu Live-CD Installer-nya Ubuntu, Open CD, CD yang berisi kumpulan panduan dan tutorial keamanan sistem informasi, dan CD tentang pengembangan e-government. Juga dibagikan buku (saya nggak dapat karena rebutan mendaftar untuk workshop instalasi ubuntu buat besoknya). Selain CD-CD tadi, ada juga dibagikan materi, yang ternyata merupakan fotokopian presentasi yang dibawakan di atas. Tetap aja, kalau ada yang penting, harus ditulis :D

ubuntuPas hari keduanya itu ada workshop instalasi Ubuntu dan tutorial tentang Keamanan Sistem Informasi. Peserta diharapkan membawa laptop masing-masing (jika punya). Tapi panitia pun juga menyediakan 20 laptop untuk dipakai bersama bagi peserta yang tidak punya atau tidak bawa laptop. Saya bawa laptop sih, tapi hanya jaga-jaga saja. Kalau memang hanya dijalankan live-CD-nya, saya mungkin mau pake laptop sendiri. Kalau tidak, mendingan saya ikutan aja liat instalasi di laptop yang sudah disediakan panitia :D Yah, i’m not a linux user sih. Masih ber-windows-ria. Bukannya apa, soalnya OS Windows XP yang saya pakai ini, sudah dengan bawaan laptop, yang sudah ada nomer serinya dan sangat legal :D bukan dibeli terpisah. Jadi, sayang sekali kalau harus dibuang, sebab kalau ng-update Windows-nya pun saya tidak harus bayar apa-apa. Cukup konek saja ke internet.

raraAnyway, karena ada EULA dari pihak panitia juga bahwa mereka tidak bertanggungjawab sama keamanan data masing-masing laptop peserta, jika diinstall-kan ubuntu, maka saya menyimpan saja laptop saya :D untungnya peserta tidak sebanyak hari pertama, dan ada cukup banyak juga yang nekat pake laptop sendiri. Maka hampir semua peserta yang tidak ber-laptop, kebagian pake laptop yang disediakan oleh panitia.

fehaWorkshop dimulai, dan trainer-nya memperkenalkan diri. Ternyata dia adalah Fery Haris (Feha), yang biasa dikenal dengan nick chrans di forum Blogfam! Chrans ini pernah sama-sama di Bz!Blogfam, disuruh nulis bz!kronika, tapi kayaknya cuma 1 edisi saja :P Nah, pas dia mengenalkan diri itu gue langsung “DHUENGG!”, trus mikir.. kok kayaknya nick itu saya kenal ya. Awalnya saya masih ragu bahwa benar dia salah satu member forum Blogfam. Tapi ndak lama kemudian Feha ini nyamperin gue, bilang “selamat ya, tahun lalu dinobatkan jadi kopdar terheboh di blogfam”, kemudian disambung dengan, “masih nulis di bz?”… Setelah itu saya yakin, kalau Feha ini bener adalah Chrans yang di Blogfam! Hehehe..

ubuntuNah Feha ini memimpin workshop instalasi ubuntu dengan sabar dan user-friendly, terutama bagi yang belum terlalu mengenal Linux. Step by step dijelaskan dengan sesekali disisipi humor. Dan orang DEPKOMINFO ini punya istilah untuk bahasa-bahasa pemrograman. Mereka memberikan warning dulu sebelum mengatakan istilah-istilah tersebut. “Maaf, berikut ini bahasanya agak jorok sedikit“.. Hehehe. Kutak katik ini itu, ternyata Ubuntu itu hampir sama tampilannya dengan Mac OS ih.. Cantik :D Untungnya saya bawa card-reader.. Jadi langsung deh ganti wallpapernya di situ hehee..

Acara berlanjut dengan tutorial tentang keamanan sistem informasi.. Haduh untuk yang satu ini benar-benar membuat otak super keriting! Sebab, kita disuruh bermain-main dengan terminal untuk bikin VPN. Dan sangat banyak bahasa “jorok” di sini. Puyeng @_@
Contohnya liat aja sendiri:

vpn

Pusing deeeh.. cape deeeh..

Akhir dari acara, kita dibagiin sertifikat. Wah bangga juga, saya yang jelas-jelas bukan dari lingkungan teknik begini dapat sertifikat atas namaku sendiri sebagai peserta “Workshop Instalasi Ubuntu dan Aplikasi untuk Keamanan Informasi”. Hihihi…
Setelah acara usai, teman-teman Blogger Makassar (termasuk saya dong :D)diajak ngobrol-ngobrol sama pihak DEPKOMINFO, dan tentunya.. foto bareng mereka!

blogger
rara, ilo’, daengbaco, p iwan, ndy, ntan, mustamar, bobby

ngantri
berbaris dengan rapi ngantri ngambil amplop transportasi :D saya baru tau kalau acara-acara seperti ini (yang diadakan oleh pemerintah maksudnya), di akhir acara akan ada pembagian amplop berisi hal-hal yang bisa dipakai bayar hehehe :D

kopdar ma depkominfo
Komunitas Blogger Makassar: ANGINGMAMMIRI.ORG dan DEPKOMINFO RI

Posting terkait:
Makassar: Begitu Berkesan
Kopdar sama DEPKOMINFO RI
Belajar Lagi Yuk!!!
Bolos
Liputan Workshop FOSS di Makassar
Dua Hari di Singgasana

Related posts :

20 thoughts on “Kenalan Dengan Ubuntu”

  1. sebenarnya saya mau mengajak teman-teman blogger makassar buat komunitas ubuntu makassar juga :).
    kalo mau dvd repository untuk dapper (6.06) dan Edgy (6.10) saya punya. dan bisa di copy. Untuk Feisty (7.04) ini masih tunggu CD dari shipit.ubuntu.com dan kiriman DVD Repo dari komunitas planet.ubuntu-id.org. :). Kalo bisa buat Feisty Party juga di Makassar.

  2. mau skali ka ikut, cuma saya sekarang bicara skala prioritas dulu, dan berbagai kewajiban di kampus yang tidak bisa saya tinggalkan begitu saja,,, hikzzz, well bukankah memang hidup akan terus memilih??
    (dengan segenap penyesalan….)

  3. feha: loh legal dong :D laptop saya ini ga banyak-banyak kok aplikasinya :D MS Office-nya sendiri udah diinstall waktu beli laptopnya, udah sama2 dengan MS Windows-nya. Trus program yang gue pake itu rata-rata yang freeware gitu hihi.. internetan, pake firefox.. messenger, pake YM.. edit2 gambar, pake paint.. dengar musik, pake winamp.. games2, tinggal download versi freeware :D mau edit2 template, paling pake notepad, atau editplus.. mo iat file pdf, adobe reader kan gratis :D

    muhammad takdir: ces, bukannya ada mi komunitas Linux-nya Makassar? Itu lho.. LUGU.. :)

    ally: maunya sih crop dan dan copy paste ke situ.. tapi bingung mau naruh gimana hihi..

    iqko: sabar me ki, berdoa saja supaya masih ada kesempatan lainnya! wuhuuu..

    daengbaco: kapan yaaaa?? mulai dari PC-ku saja ah :D

    daeng rusle: yeh kikod-nya masih aja ditulis hahahaha.. ubuntu itu kalau sudah buntu otaknya, buntu mi.. *apa sih*

  4. ndak serius ja’ tanggapi itu. na ketawa2 ja’ di sini kalau baca lagi komentar jengkelnya dia. haahhahaha… :P
    Mo ji sa main2i/
    Hehehehehe…

    Tapi puas ma’ juga. Biar mi deh. Sepertinya sudah cukup mi. Yg penting saya senang bisa ngakak, dia jengkel di sana tanggapi. :P

  5. mus_ : itu mi lucunya :D sa juga ketawa-ketawa ji baca.. baru toh katanya bede santai ji na tanggapi baru pake perasaan ki kalo balas hihihi..
    sudahlah, orang2 “garring” begitu memang mus, toh.. memang selalu merasa benar sendiri ;)
    anjing menggonggong blogger tetap berlalu hihi..

    mendingan kita konsen sama program2 AM, acara-nya tawwa aan, dan makassar fiesty release party tawwa..

    ubuntu… ubuntu.. hihi

  6. heh? sepertinya kau mulai mi mau berubunturia di laptopmu. Hmmm.. mo ka’ instal juga ubuntu. Tapi ke Flashdisk, bukan ke PC. Jadi, kemana2 bisa bawa ‘PC’. TInggal colok USB, pake deh linuxnya puas2.

  7. heh? sepertinya kau mulai mi mau berubunturia di laptopmu. Hmmm.. mo ka’ instal juga ubuntu. Tapi ke Flashdisk, bukan ke PC. Jadi, kemana2 bisa bawa ‘PC Legal’. TInggal colok USB, reboot komputer, berubunturia meki’ puas2.

  8. mus_ : lho bisa ji kah install ke flashdisk? napa nda sekalian bawa live-cd-nya saja?

    sa nda ubuntu-i ki laptopku, nda mo ja dulu.. mo ja upgrade memory mo biar bisa jalan main the sims di situ :D
    PC-ku mo pake ubuntu nanti :D

  9. Mus_ : justru tadi OOT saya balikin ke “jalan”-nya hihi.. kan tentang ubuntu ji toh jadi ndak pa pa ji :D
    daripada ada orang yg marah2 kalau kau OOT di komennya padahal sesuai ji yg ditulis hihi.. na itu dia pernah ji OOT di komenku :D

    dah dah balik ke ubuntu :D

  10. Lo, ada kebijakan konten internet? Kok dianggap gak penting, sih? Justru penting itu! Gila, emang ini RRC apa, konten internet aja disensor. Back to the “beautiful” old days neh pemerintah kalu kayak gini. Indah bagi mereka, penderitaan bagi semua :(

  11. O ia, kelupaan… Kalu sudah nyoba Ubuntu, skalian coba Kubuntunya, dong, sapa tau malah lebih pas di hati (tampilannya) :).

  12. @uwie
    – sensor internet di china? udah ngerasain :)
    buka wikipedia ajah harus “lompat-lompat” dulu
    – kubuntu? dari ubuntu kan tinggal sudo apt-get install kubuntu-dekstop
    kde base .. berat :) akhirnya pasang xubuntu-desktop deh :)

Leave a Reply