My Eyes! My Eyes!

Me and my blue eyes. Hehehe..
Saya adalah pengguna aktif lensa kontak. Kacamata sih tetap dipakai, hanya untuk di rumah, atau pas lagi ga pake lensa kontak saja. Saya memutuskan untuk menggunakan lensa kontak setelah bertahun-tahun menggunakan kacamata, karena ukuran minus saya udah bertambah, menjadikan kacamata itu udah berat untuk digunakan >.< Asiknya sih, kalau kerja pasien, ga perlu khawatir ama kacamata yang suka turun posisinya, karena keberatan lensa hahaha :D trus untuk beberapa event tertentu, bermain-main dengan warna mata jadi asik :P Oh well, selama ini sih, kalau bukan yang bening, pasti pakai yang biru :D kenapa? Sebenarnya karena saya suka warna biru, trus pas dicoba, ternyata cocok hahaha.. Yawda dipake deh :P Ga enaknya, mata jadi cenderung lebih sensitif terhadap iritasi, terutama kalau lagi ke tempat yang banyak debunya, atau lagi lama-lama di tempat yang ber-AC. Nah, klinik saya itu adalah tempat ber-AC selama klinik tersebut buka. Kelamaan di dalam ruangan klinik kadang membuat mata saya menjadi kering. Terutama bila lagi melakukan operasi, konsentrasi tinggi membuat saya kadang lupa berkedip. [caption id="attachment_1248" align="aligncenter" width="480" caption="Doing the dental implant surgery.."][/caption]

Saya sempat ke Cambodia bulan April yang lalu untuk ikut medical trip kerjasama dengan Campus Crusade di Cambodia, saat itu Cambodia lagi diserang oleh musim yang lagi panas-panasnya, dan debunya lagi banyak-banyaknya. Baca di lonely planet, emang sih bulan Maret – Mei gitu adalah bulan yang paling dusty dan kering. Sebutannya dry season. Bahkan di buku guide terkenal tersebut disarankan untuk tidak menggunakan lensa kontak bila mengunjungi Cambodia pada bulan-bulan yang telah disebutkan tadi :D

Tapi saat itu saya nekat menggunakan lensa kontak demi kenyamanan bekerja di lapangan nanti. Oleh karena itu saya selalu menyediakan obat tetes mata khusus, dan obat tetes mata biasa yang menyegarkan mata bila lensa kontak dilepas.

Medical Trip di Cambodia, lagi ngajarin anak2 FKG di sana..

Mata terasa kering juga dapat disebabkan karena terlalu konsentrasi pada sesuatu :D selain menjadi dokter gigi, saya juga seorang blogger dan aktif pada dunia online :D jadi, kalau lagi ga ada pasien, yang saya lakukan adalah membuka laptop dan mulai browsing sana-sini, nge-tweet, membaca notifikasi Facebook, bahkan blogwalking.

Ruangan ber-AC + menatap layar pendar lama-lama = memicu kekeringan pada mata :D tahu nggak, kekeringan pada mata terjadi akibat saat berkonsentrasi menatap layar pendar komputer berlama-lama, maka frekuensi kedipan mata itu dapat berkurang sebesar 65% dari normal. Itu berarti dari yang normalnya adalah 14 kali / menit, menjadi 5 kali / menit.

Dan ada penelitian yang menunjukkan bahwa, di Amerika ada 60 juta orang menderita mata kering, lelah dan merasa tidak nyaman pada mata akibat penggunaan komputer yang berlebihan. 15 juta orang Amerika menderita Computer Vision Syndrome : pandangan kabur dan tidak fokus, mata tegang dan lelah, mata kering dan perih, sakit kepala.

Sedikit tips, bila melepaskan lensa kontak, setelah menyimpannya pada tempat yang benar, gunakan tetes mata biasa untuk menyegarkan mata kembali. Tetapi jangan lupa, lepas contact lens saat meneteskan Insto Moist :D . Mata yang lelah menahan beban, ditambah dengan serangan ruang ber-AC plus konsentrasi pada layar pendar :D jadi, untuk refreshing, sebaiknya menggunakan tetes mata untuk mata kita :) ada bermacam-macam obat tetes mata, tapi carilah yang selembut air mata. Fungsinya obat tetes mata ini untuk mengatasi gejala kekeringan pada mata dan meringankan iritasi mata akibat mata kering, karena kekurangan produksi air mata.

Kalau mata sudah terasa gatal, kering dan perih, berair, dan terlihat merah, segera gunakan obat tetes mata Insto Moist yaaa ^^

Related posts :

22 thoughts on “My Eyes! My Eyes!”

  1. Wah suka yang biru ya, Mbak?
    Sampai seragam anak FKG di Kamboja juga biru-biru gitu..
    Saya sih belum makai contact lens karena masih nyaman dengan mata yang bebas walau sekarang agak kabur kalau membaca lama..

  2. kirain judulnya mirip liriknya just the way you are :D

    iya nih mata tiap pagi kalo bangun terasa lelah, sampe kadang merah… mau juga dong instonya :)

  3. job review tawwa :)

    tapi setuju sih, saya yang sehari-hari menembus panas terik dan jalanan berdebu Jakarta, sering terganggu oleh mata merah krn iritasi. thanks for sharing :D

  4. syukur saya ga pake kaca mata sampai saat ini.. namun kok disekitar mata saya banyak urat2 keluar.. dan memang kerjaan saya biasa didepan layat monitor..

    apakah tanda2 banyak urat disekitar mata sampe menonjol jika saya memicingkan mata bisa berbahaya nantinya dok?? konsultasi gratis nih mumpung ada dokter yang suka ngeblog..hehehe

  5. wah cantik mba dg blue eyesnya ;)
    oia ribet juga yah klu sampe menimbulkan sakit kepala..wah makasih mba infonya bermanfaat banget :)

  6. Dear dr. Rara,
    Salam kenal dok, saya calon rekan sejawat dokter, saya sedang kuliah di FK Unand.

    Kalau ada waktu, saya sangat berharap dokter bisa mengunjungi web saya. Saya masih belajar dok, jadi isi webnya juga ala kadar. Mohon bimbingan dari dokter juga dalam mengembangkannya..

    Salam hormat saya,
    Widodo Saputra

Leave a Reply