Di Cyprus

Gw ke Cyprus! Pasti pada bingung, di mana coba Cyprus itu.
Cyprus (Greek: Κύπρος Kýpros; Turkish: Kıbrıs), officially the Republic of Cyprus (Greek: Κυπριακή Δημοκρατία Kypriakí Dhimokratía; Turkish: Kıbrıs Cumhuriyeti) adalah sebuah negara pulau di Laut Tengah bagian timur. Bahasa utama yang dipakai di sini adalah bahasa Yunani. Tapi rata-rata orang di sini bisa berbahasa Inggris. Mungkin karena negara ini sering mendapat kunjungan turis-turis asing.
Di Cyprus sebenarnya ada beberapa kota, dan yang gw pergi ini di kota Larnaca or Larnaka (Greek: Λάρνακα), adalah kota di sebelah tenggara dari pantai Cyprus ini. Kota Larnaca ini terkenal dengan pemandangan pantainya dengan jajaran pohon palem sepanjang pantai. Keren banget!
pantai

suasana pagi
Ini suasana pagi di Cyprus. Nyaman banget.

Cuacanya cerah, tapi anginnya.. dingin banget..!! Mungkin karena memasuki musim dingin juga. Gw jalan-jalan mesti pake sweater, syal dan kupluk (ini terpaksa beli di sini karena kepala gw ternyata ngga tahan dingin :D). Kalo nggak, bisa beku.

supermarket?
Tulisannya sih Super Market. Tapi secuil kayak Circle-K hehehe :D

Sudut-sudut kota Larnaca – Cyprus…
sudut siprus
sudut

Ini di depan pantainya.. Pedestrian area-nya gede banget. Keren!
cyprus

Penjual jagung bakar di pantai. Jagung bakarnya cuma dikasih mentega ama garam. Tapi jagungnya super gede!
jagung bakar

Satu hal yang seru. Kalau penduduk Cyprus menikah, mereka akan sangat ribut. Mereka akan parade keliling kota sambil menyalakan lampu mobil dan membunyikan klakson terus menerus. Ada dua parade pengantin yang gw lihat. Yang pertama iring-iringan pengantin ini pake mobil VW New Beetle warna kuning. Yang kedua yang unik, sepasang pengantinnya duduk di atas kereta kuda. Persis seperti jaman klasik.
pengantin siprus

Kota Larnaca ini konon dikenal sebagai nama Kition, atau (dalam bahasa Latin) Citium, pada zaman dahulu. Konon kabarnya, ada seseorang bernama Kimon, bertarung mempertahankan Citium (Larnaca) dalam perang besar melawan Persia. Dan Kimon ini meninggal dalam peperangan. Tetapi dia memberitahu ke anak buahnya untuk merahasiakan kematiannya. Kimon ini kemudian menjadi sosok pahlawan penting untuk Larnaca. Oleh karena itu ada monumen yang didirikan buat si Kimon ini di pelataran pantai di Larnaca. Dan ada tulisan “Και Νεκρος Ενικα” ( yang artinya “walau dalam kematian dia tetap pemenang“)

patung kimon

27 thoughts on “Di Cyprus

  1. Mpie

    kalo disana yg ramai dgn suara klakson itu pasa acara nikah…

    kalo dimakasar rombongan yg ngirigin orang meninggal yang ramai bikin bising.

    eh..jagungnya mau dong..segede apah? :)

    Reply
  2. Yaty

    COOL!!! Btw, kapan giliran ko ke east coast US, ‘Ra?
    Oh iyo, sekedar info… knapa kalo buka website mu ini dan juga blog.angingmammiri.org suka error dan sering sekali “down”? Sa juga ndak bisa dapatkan rss-nya :( jadi sulit men-track these two websites of yours. Any idea how to resolve this probs?

    Reply
  3. anbhar

    eh salah kenal juga buat mbak rara (atau Ibu rara yah :D??). udah sy link di blogku.

    enak yah bisa jalan2 trus. sorry sy gak bisa ikut (loh emangnya diajak??) :D. sibuk/gak ada waktu (lebih tepatnya gak punya modal buat jalan2).

    Reply
  4. kariez

    hi !!! gw kariez, mahasiswi fikom 05 paramadiana,,,,aduh gw boleh minta tolong gak? coz gw kan dapet tuas untuk mempresentasikan negara cyprus ini,,,, tetang budayanya yang unik2 pokoknya atau tempat2 wisata di siprus plz tolongin gw dounk… kasih tau gw tentang smua yang berhubungan denga siprus.

    Reply
  5. hanee

    kren banget yah bs jalan4 kecyprus. Gw udah lama bgt ngidam pengen ksana tp blm kesampean coz gw ga ngerti prosedurnya di indonesia kan blm ada kedutaannya. gw interest bgt kalo ngomongin negara ini. met kenal yah!

    Reply

Leave a Reply