Keluarga Virtualku Sudah Dua Tahun!

Image hosted by Photobucket.comForum blogfam (baca: bloggerfamily) sudah 2 tahun! Seperti layaknya anak yang berumur 2 tahun, forum ini mulai menapakkan kakinya satu per satu merambah dunia virtual. Mulai mengenali hal-hal yang berlangsung di sekelilingnya. Dan semakin berkembang.

Lebih dari setahun yang lalu, saya bergabung dalam keluarga virtual ini. Keluarga yang virtual tapi persis dengan keluarga sebenarnya. Saat nulis posting ini, saya teringat akan teman-teman yang tergabung dalam keluarga ini juga. Ada Sherly di Liverpool-UK, ada pak JaF di Singapore,
ada mbak vi3 di Banyuwangi, ada mbak Sa di Belanda, ada Tuteh di Ende, ada Yaya di Jakarta.. dan masih banyak lagi. Semuanya dibawah naungan emak Labibah tersayang yang biasa kami panggil denganMaknyak.
Di keluarga ini juga, saya menemukan teman-teman blogger yang ternyata juga berdomisili di Makassar. Seperti si dokter Adhi yang lagi ngambil spesialisasi anastesiologi di RS Wahidin , si desainer Makassar Terkini Leo, si fotografer Cikal, si wartawan Ochan, si pecandu buku Aan, dan Tee-za perantau dari Bogor ke Makassar.

Hari demi hari, banyak cerita, banyak suka duka dalam keluarga ini. Seperti layaknya sebuah keluarga, saling curhat, saling mengucapkan selamat, saling memberi nasihat, hingga bagi-bagi tips dan informasi, semuanya ada di sini. Setiap hari ngobrolin ini dan itu, mendekatkan jarak yang membentang di antara kita semua. Secara fisik, masing-masing terpisah oleh ratusan kilometer, tetapi semuanya tetap satu keluarga. Tidak perlu berbagi DNA, semua bisa menjadi satu keluarga.
Ada saat-saat di mana kita tidak sabar untuk bertemu. Kemudian, ada saat-saat kita tidak sabar untuk saling menjauh. Ada saat-saat di mana kita tidak sabar untuk saling cerita tentang info-info terbaru. Kemudian, ada saat-saat di mana kita tidak mau bercerita kepada siapapun.
Itulah sebuah keluarga. Saling menyayangi. Saling menguatkan. Saling menyakiti. Saling merindukan. Saling berbeda pendapat. Tapi selalu ingin yang terbaik untuk masing-masing pihak. Selalu mencoba untuk mengerti.

Mengatur sebuah keluarga tidaklah segampang mengedipkan mata. Perlu modal ketekunan, kesetiaan, bahkan perjuangan. Perlu pengertian yang penuh dari pihak yang terlibat. Perlu hati yang lapang untuk menampung setiap persoalan yang datang. Sulit memang, tetapi hasilnya tentu tidak akan mengecewakan.
Saling menyayangi. Jangan hanya dengan kata-kata, tetapi dilakukan.
Jangan menyia-nyiakan setiap kesempatan untuk bersama dan nikmati setiap saat yang diberikan untuk kebersamaan.
Saling mencurahkan isi hati, apapun itu. Biarkan yang lain mengetahui apa yang ada di dalam hati, daripada diam.
Saling merayakan, apapun itu. Jangan hanya merayakan ulang tahun. Tetapi rayakan bahwa kita adalah sebuah keluarga!
Tonight I’m thinking about family. I am thinking about my family. I am thinking of our family. I love my family. I am thankful that God chose to give us families.
I love Blogfam!

Selamat ulang tahun untuk yang kedua!

Related posts :

Leave a Reply