Hari Bumi

Hari Bumi? Emang bumi punya hari ya?
Dalam pelajaran IPA waktu sekolah dulu, ingat nggak, kalau disebutkan bahwa rotasi bumi itu adalah sebanyak 365 hari atau 1 tahun (366 hari per 4 tahun). Jadi, setiap tahun itu kita merayakan ulangtahun-nya Bumi tercinta yang kita pijak selama kita hidup ini.

Hari Bumi? Apa itu?
Banyak orang yang tidak tahu tentang Hari Bumi ini. Dan parahnya, buat mereka yang mengaku peduli sesama dan lingkungan, malah biasa melupakan adanya hari ini. Kalaupun nggak lupa, tanggapannya hanya santai saja, bahkan tidak mau tahu. Sedih deh.. :(

Jadi kenapa tanggal 22 April? Selengkapnya bisa baca di wikipedia ini tentang Earth Day Hari bumi yang jatuh setiap tanggal 22 April, mulai dirayakan jutaan orang di seluruh dunia sejak 1970.

bumi

Merayakan hari bumi, berarti memikirkan kelangsungan hidupnya, memikirkan bagaimana sumber daya bumi yang terbatas ini bisa menjamin kelangsungan hidup manusia. Sebelum kita berpikir hal-hal besar untuk menjaga kelangsungan hidup bumi, kita bisa memulainya dari hal kecil dan sederhana. Ingat kan sama Global Warming?

RECYCLE, REUSE, REPAIR, REDUCE
Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk sehari-hari yang besar artinya untuk keberlangsungan hidup bumi sebagai tempat tinggal kita.
– Ketika berbelanja gunakan seminimal mungkin kantong plastik sebagai tempat belanjaan kita. Lebih baik jika kita membawa kantong plastik atau kantong belanja sendiri dari rumah. Dengan mengurangi penggunaan plastik, berarti kita juga mengurangi sampah kemasan yang kita hasilkan.
– Untuk tempat yang mudah terjangkau, lebih sehat dan lebih baik jika kita menempuhnya dengan berjalan kaki. Selain tidak membutuhkan biaya dan menyehatkan badan, kebiasaan berjalan kaki juga membantu mengurangi penggunaan bahan bakar yang menyebabkan polusi udara dan eksploitasi sumber daya alam yang merusak lingkungan.
– Pisahkan sampah botol plastik bekas kemasan, kertas, botol kaca dalam kantong yang terpisah. Hal ini akan memudahkan pemulung mengambil sampah yang kita buang untuk di daur ulang.
– Gunakan dua sisi kertas/bolak-balik ketika mengeprint atau foto copy document. Dengan demikian, kita melakukan penghematan kertas yang berarti juga menghemat pohon yang harus di tebang untuk bahan baku kertas.

Kalau kalian punya tips-tips lain, berikan komentar di sini mengenai apa yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kelangsungan hidup bumi.
Selamat hari Bumi, bumiku sayang..
I love my Earth!

Satu April

Saya baru tau kalau April Mop sekarang dikatain sebagai “perayaan”. Dan saya baru tau kalau 1 April itu dirayakan. Hahahaha.. emangnya apaan?
Katanya April Mop adalah perayaan pembantaian kalangan tertentu. Gubrak dah, sejak kapan April Mop itu jadi perayaan?

Pengen ketawa mbacanya waktu itu :P
Saya nemu berita tersebut di salah satu milis favorit saya. Aya aya wae, orang sekarang gampang banget bikin isu kanan-kiri untuk memecah belah perdamaian. Kasihan..
Kayaknya itu pernyataan yang dikeluarkan oleh orang yang sakit hati karena dikerjain pas hari April Mop :D :D

no offense mode on :P

Hari AIDS Sedunia

AIDS

Tanggal 1 Desember merupakan hari AIDS Sedunia. Saya baru ingat ketika secara tidak sengaja “kecebur” ke blognya itikkecil, hasil ngobrol-ngobrol sama Ntan.

Berbicara tentang tanggal 1 Desember saya jadi ingat kembali waktu saya masih SMU. Saya, Uwie, dan Adi, kami bertiga mewakili SMU tercintaH itu untuk ikut seminar tentang AIDS di Baruga A. P. Pettarani UNHAS. Kayaknya yang selenggarakan itu anak FK UNHAS. Udah lumayan lama, sekitar tahun 1994 apa 1995 gitu. Lupa deh! Yang saya ingat pasti, kami disuruh tandatangan di atas spanduk warna putih yang bermeter-meter panjangnya. Trus malamnya ada malam renungan, semacam malam refleksi gitu buat mengenang dan memperingati hari AIDS Sedunia ini.

Menurut Wikipedia, AIDS adalah sindrom kumpulan berbagai gejala dan infeksi sebagai akibat dari kerusakan spesifik sistem kekebalan tubuh karena infeksi virus HIV pada manusia, dan virus yang mirip pada spesies lain (SIV, FIV, dan lain-lain). AIDS sendiri merupakan kependekan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome, yang dapat diartikan sebagai sindrom menurunnya kekebalan tubuh. AIDS ini merupakan sindrom yang disebabkan oleh sebuah virus yang dikenal dengan HIV (Human Immunodeficiency Virus), yang dapat diartikan sebagai virus penurunan kekebalan tubuh pada manusia.

Perpindahan HIV sendiri melalui cairan tubuh. Misalnya melalui hubungan seks (oral/vaginal/anal) tanpa pelindung dengan banyak orang, menggunakan NARKOBA dengan jarum suntik yang di-share dengan banyak orang, transfusi darah, hubungan ibu dan anak selama kehamilan maupun menyusui, serta kontak cairan tubuh dengan penderita. Perpindahan virus ini datang tanpa disadari, sebab tidak ada gejala yang ekstrim ketika HIV masuk ke dalam tubuh seseorang. Tidak seperti penyakit kulit atau alergi yang langsung terlihat kalau telah terkontaminasi.

Jadi kapan bisa ketahuan? Biasanya ketahuan setelah beberapa saat, ketika penderita mengalami penurunan kekebalan tubuh yang spesifik. Penyebabnya? Bisa saja dari penyakit paling ringan misalnya batuk atau flu. Tetapi batuk dan flu yang berkepanjangan tidak sembuh-sembuh membuka celah untuk penyakit lain masuk ke dalam tubuh penderita. Jika semakin banyak terpapar, maka semakin lemah lah sistem kekebalan tubuh penderita tersebut, dan lama-kelamaan pun meninggal.

Biasanya penderita AIDS memiliki gejala infeksi sistemik seperti demam, keringat (terutama pada malam hari), pembengkakan kelenjar, kedinginan, kelemahan, dan penurunan berat badan. Setelah diagnosis AIDS dibuat, rata-rata lama waktu bertahan dengen terapi antiretroviral (2005) diperkirakan lebih dari 5 tahun, tetapi karena perawatan baru terus berkembang dan karena HIV terus berevolusi melawan perawatan, perkiraan waktu bertahan kemungkinan akan terus berubah. Tanpa terapi antiretroviral, kematian umumnya terjadi dalam waktu setahun. Kebanyakan pasien meninggal karena infeksi oportunistik atau kanker yang berhubungan dengan hancurnya sistem kekebalan tubuh.

Laju perkembangan penyakit klinis sangat bervariasi antarorang dan telah terbukti dipengaruhi oleh banyak faktor seperti kerentanan seseorang terhadap penyakit dan fungsi imun perawatan kesehatan dan infeksi lain, dan juga faktor yang berhubungan dengan galur virus. Infeksi oportunistik spesifik yang diderita pasien AIDS juga bergantung pada prevalensi terjadinya infeksi tersebut di wilayah geografis tempat hidup pasien.

Di masyarakat umum, khususnya di Indonesia, masih banyak yang kurang sigap dan waspada terhadap AIDS ini. Kurangnya pengetahuan mendasar dan sosialisasi yang mengakibatkan kurangnya kewaspadaan terhadap AIDS. Akibatnya, banyak yang masih ceroboh untuk melakukan seenak udelnya saja, ngeles kalau dikasih tahu, keras kepala dan pada akhirnya mengakibatkan virus HIV ini terjangkit ke mana-mana. Seperti yang juga dikeluhkan oleh si itikkecil.

Dan juga, kurangnya pengetahuan tentang AIDS ini, kelompok masyarakat yang terkena virus HIV ini malah dijauhi. Takut ikut kena AIDS adalah alasan yang utama. Kelompok penderita AIDS ini dinamakan ODHA (Orang Dengan HIV / AIDS). Padahal ODHA juga manusiaaa.. Butuh sosialisasi, dan kasih sayang antar manusia. Justru orang-orang ini sebenarnya kita perlu bantu. Sebab hidup mereka sudah tidak lama lagi di muka bumi ini. Kita perlu memberikan mereka kenangan terindah dalam waktu hidup mereka yang menjadi lebih singkat oleh karena AIDS. Bantu mereka melewati separuh sisa hidup tanpa diskriminasi!!

Oleh karena itu, apa yang kita butuhkan di negeri ini untuk memerangi AIDS?? Kita butuh pemimpin yang peduli dengan hal ini! Jangan hanya janji sana-sini, umbar pesona ke sana ke mari.
“Stop AIDS. Tepati Janji.”

Yah intinya..
Mari bersama-sama memperingati hari AIDS Sedunia ini dengan posting tentang AIDS di blog masing-masing..
Selamat Hari AIDS Internasional.

ads-jungkat-hivaids.jpg
*image di atas adalah image tahun lalu merupakan bentuk kepedulian id-gmail terhadap aids, diculik tanpa ijin dari sini*

Posting terkait:
Tema Hari AIDS Sedunia 2007: Kepemimpinan
Dicari : Pemimpin Peduli
Sudah-kah Kita Peduli Dengan AIDS?
Hari AIDS Sedunia Diwarnai Aksi Damai
Hari AIDS Sedunia 2007
ODHA Ala Pramuka
Kondom AIDS
Injury Time For AIDS
1 Desember : Hari AIDS Se-Dunia
Tribute to HIV/AIDS
Pengidap HIV AIDS, Malam-Malam
Mereka Mengidap AIDS, Mereka Dikucilkan
I Have AIDS. Will You Hug Me?
Anda Peduli?
Ayo
Selamat 1 Desember 2007
Dilema AIDS & Kondom
Hari Peduli AIDS Sedunia
Hayo Siapa Berani Melawanku….
Terkapar Tanpa Daya

Natal dan Pohon Natal

christmasHari Natal sangat identik dengan pemasangan pohon natal. Pohon natal yang dimaksudkan di sini, merupakan pohon cemara dengan berbagai macam hiasan natal yang dipasang di pohon tersebut. Dan kemudian di ujung pohon natal tersebut dipasangkan sebuah bintang yang besar, dianggap sebagai bintang Bethlehem, bintang yang bersinar terang saat kelahiran Yesus Kristus.

Tradisi pohon Natal ini, berasal dari negara barat sebab Natal di negara barat identik dengan pohon cemara yang mempunyai tumpukan salju baik pada dahan, maupun terbentang di bawah pohonnya. Dan pohon cemara di musim dingin, merupakan satu-satunya pohon yang selalu hijau daunnya, karena tidak meranggas di saat musim dingin.

Kemudian tradisi ini diikuti oleh banyak orang, hingga sampai sekarang di mana ada perayaan Natal, pasti ada pohon Natal. Pohon Natal bukanlah suatu keharusan di gereja maupun di rumah sebab ini hanya merupakan simbol agar kehidupan rohani kita selalu bertumbuh dan menjadi saksi yang indah bagi orang lain “evergreen”. Pohon Natal (cemara) ini juga melambangkan “hidup kekal”, sebab pada umumnya di musim salju hampir semua pohon rontok daunnya, kecuali pohon cemara selalu hijau daunnya.

Pohon natal di rumahku tahun lalu, adalah pohon mangga di belakang rumah yang dihias oleh lampu-lampu. Tahun ini, karena dapat hadiah pohon natal fiber optik, jadi pake pohon imitasi deh :P