XCloud : Layanan Komputasi Awan dari XL

Mungkin udah lumayan sering mendengar tentang cloud, cloud computing, awan, dll. Tapi sebenarnya, apa sih cloud computing itu? Menurut wikipedia, cloud computing atau komputasi awan adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer dan pengembangan berbasis internet. Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Awan (cloud) dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya.

Diagram konsepsual dari Komputasi awan. Sumber: wikipedia

Komputasi awan ini juga merupakan suatu metoda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan, sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat internet tanpa mengetahui apa yang ada didalamnya, ahli dengannya, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya.

Berbicara tentang komputasi awan, XL meluncurkan layanan komputasi awan (cloud solution) bernama XCloud. XL percaya bahwa bahwa permintaan layanan data akan terus tumbuh di
Indonesia dan salah satu peluang bisnisnya terdapat pada penyediaan solusi komputasi awan.

Untuk merealisasikan XCloud, XL bekerjasama dengan 6 mitra bisnis. Mereka adalah Huawei, Fujitsu, IBM, Intratech, Mandawani, dan Microsoft. Saat ini solusi yang ditawarkan oleh XCloud memiliki fokus pada area Public Infrastructure as a Services (IaaS). Pada jenis layanan ini, XL menyiapkan layanan hosting, penyimpanan data, serta server melalui jaringan publik internet.

XCloud juga mendapatkan support arsitektur sistem IT yang handal, yang akan menjamin kualitas tinggi. Selain itu, tentu saja tersedia Service Center yang mumpuni yang diharapkan akan menghadirkan total solusi komputasi awan sesuai dengan keinginan para pelanggan.

Terdapat setidaknya 4 manfaat yang dapat langsung dirasakan oleh pengguna layanan XCloud: simpel, cepat, fleksibel, dan biaya nya dapat dikontrol. Manfaat-manfaat inilah yang diinginkan oleh pelanggan.

Semoga layanan XCloud ini bisa benar-benar bermanfaat bagi para pelanggan :)

6 thoughts on “XCloud : Layanan Komputasi Awan dari XL”

Leave a Reply