WordPress Indonesia 2009 (Day 2)

Di hari kedua ini saya sedikit telah hihihi. Semuanya dikarenakan telat bangun. Gimana gak telat bangun, nyampe rumah aja baru jam 12 malam, setengah jam kemudian baru tertidur. Jadi saya baru tiba di Erasmus Huis sekitar jam 09.10.

Eh tapi waktu tiba, si Matt juga baru tiba di Erasmus Huis. Hey, Matt you’re late hihihihi.. :D

Segitu tiba, ternyata sesi pertama telah dimulai. Dibawakan oleh Romi Satria Wahono (RSW), dengan tajuk WordPress for Education and Personal Branding. Dengan mengambil baris ketiga dari depan, kami pun langsung dibombardir dengan materi pagi :D

wordcamp-030-800x600
sempat dibagikan souvenir WordPress berupa stiker dan pensil / pin

RSW membawakan materinya dengan penuh humor, bikin nggak ngantuk. Dan pakai bahasa-bahasa yang tidak terlalu “berat” untuk para peserta. Hanya saja, mungkin karena salah satu topiknya adalah “personal branding“, terkesan bahwa si RSW ini agak-agak narsis ama blognya heheheh. Hampir setiap postingnya dibedah, untuk memperkenalkan macam-macam teknik personal branding melalui postingan di blog.
*doh, menarik sih tapi kalau kelamaan, lama-lama serasa bedah blog gitu* hihihi…


wordcamp-015-800x6001

wordcamp-011-800x600

wordcamp-010-800x600

wordcamp-027-800x600

wordcamp-024-800x600
Kata Romi Satrio Wahono, narsis itu penting bagi pengguna media internet!

Setelah WordPress for Education dan Personal Branding bersama Romi Satrio Wahono, disambung dengan coffee break, lalu masuk pada sesi WordPress Business Forum bersama Matt Mullenweg (founder WordPress), dan Michael (dari colorlabsproject)
Matt berbagi tentang bagaimana dia dan 3 temannya berjuang membentuk dan mengembangkan WordPress. WordPress itu ga punya uang, jadi mereka bergantung pada donasi, Matt mengakui demikian. Matt juga berbagi bahwa kalau punya ide, dilsharing-kan saja. Toh kalaupun dicuri, tetap yang punya ide itu masih lebih punya passion dalam melaksanakan ide tersebut, dibandingkan dengan si pencuri ide.

Setelah makan siang ada intromezzo: Live Music performance oleh WartaJazz. Banyak yang terlena dengan performance ini dan ikutan nyanyi-nyanyi. Apalagi yang sudah berumur *kabooor*

Kemudian dilanjutkan dengan sesi yang bertajuk “Corporate Blogging“, dibawakan oleh Nukman Luthfie. Dibuka oleh dagelan yang agak dewasa yang menurutku-oh-gak-penting-banget-deh. Kemudian dilanjutkan dengan topik seriusnya, walau tetap ada dagelan di sela-selanya, tapi udah nggak terlalu dewasa :D *apaan sih??*

Nukman menjelaskan tentang bagaimana mengelola blog untuk perusahaan, juga memberikan contoh-contoh perusahaan yang justru menyuruh pegawainya untuk ngeblog, misalnya Cisco, the Sun, dll.
Nukman berbagi penyebab mengapa situs-situs perusahaan itu menjadi pilihan terakhir bagi para peselancar internet. Soalnya, kebanyakan dari situs-situs perusahaan itu:
1. lebih banyak bercerita tentang diri mereka dalam satu arah: about us, our product, our solutions, dll dsb etc
2. hanya copy paste dari company profile mereka, tanpa variasi.
3. cara penulisan yang sangat berbau formal, bahasa perusahaan sekaleee, hehehehe…

Nukman menambahkan, di internet itu gayanya lebih santai dan tidak terlalu suka yang formal-formal. Dan satu hal yang menjadi ciri khas, yaitu bahwa di internet, orang itu ngga suka baca yang panjang-panjang. Paling banyak 4 paragraf atau 1000 karakter, and that’s it!
Makanya banyak yang suka salah pemahaman, salah persepsi, semua gara-gara speedreading, hihihi.

Setelah Nukman, ada Ady Permadi a.k.a BiG yang menjabarkan anatomi WordPress yang terdiri dari permainan PHP. Yup! Bahasan teknis! Tapi menarik.

Di akhir acara, ada foto bareng seluruh peserta WordCamp Indonesia 2009 di atas panggung, depan bekdrop WordCamp Indonesia 2009. Rame! Seru!

Pokoknya, saya nggak menyesal ikut WordCamp Indonesia 2009.
Semoga WordCamp Indonesia 2010 seasyik ini :p

Related posts :

21 thoughts on “WordPress Indonesia 2009 (Day 2)”

  1. Bisot: yehh ini pasti speedreading.. Ini kan acara se-nasional, semua diundang kok.

    Katakataku: hahaha iya.. Saya berharap WCI 2010 itu lebih bagus lagi, tidak downgrade :p

  2. Pak amril: hahaha sebenarnya kalau pak Amril berkelana dekat2 meja itu, pas jam makan siang dan coffee break, masih ada lho stiker ama pin wordpress-nya. Mus sampai ambil banyak :D

    Aco: hihihi.. Mau mi diapa, matt suka mengabadikan kita :p

    Epat: wekeke makanya, jangan keburu2 :p

    Nhie: iya, soalnya susah upload fotonya :p

  3. Cristian Sugiono: ah Christian Sugiono palsu lu!! :D

    Nhie: ho-oh

    Naylah: iya naylah harus ikut yah dek :D

    Masenchipz: hehehehe jadi pembicara :p

    iChaL: waaa ikut les juga? Mantap.. Ntar saya balik dah harus jago2 ya inggrisnya ;)

    Indonesian Travel: gpp kita kan sama-sama belajar ;)

  4. ada juga yah training wordpress indonesia , kalau tahu dari dulu ikut.
    Soalnya mungkin setahu saya menginstallnya gampang dan tutorialnya( codex)nya banyak jadi ngga mengeksplore lebih jauh.

Leave a Reply