Ujian di Bagian Bedah Mulut

Image hosted by Photobucket.comThank God!! Ujian gw finally over hari Sabtu yang lalu!! Jadi gw sama sekali udah selesai melewati bagian Bedah Mulut. Senangnya ada bagian yang udah berhasil dilewati lagi setelah bagian Pedodonsia hehehe.
Senangnya tuh ujianku ini nggak banyak masalah. Walau ngga tau hasilnya bakal A atau B cuma untungnya nggak menemui penghalang. Kenapa? Soalnya pas dapat penguji yang baik, yang nggak suka ngulur-ngulur waktu, dan yang selalui straight to the point in questions.
Gw pengen nge-review perjalanan gw di bagian Bedah Mulut.

Desember 2003 – Maret 2004
Tampang culun baru masuk bagian Bedah Mulut…
Image hosted by Photobucket.com Image hosted by Photobucket.com
Image hosted by Photobucket.com Image hosted by Photobucket.com
Sok serius banget seh (kiri). Menyelesaikan kasus salah satunya yaitu odontectomy a.k.a operasi mengeluarkan gigi geraham bungsu yang paling belakang itu, yang sering jadi masalah hehehe.. (kanan)
Kasus gw selesaikan dengan baik, baca referat pun sukses dengan judul “Bedah Mulut pada Pasien Usia Lanjut”. Tapi apa mau dikata, karena minggunya udah ga cukup, jadi gw dengan sukses keluar bagian tanpa ujian dulu.
Akhirnya gw keliling-keliling dulu ke bagian lainnya dan setelah satu setengah tahun gw kembali ke bagian Bedah Mulut.

30 Agustus – 10 September 2005
Image hosted by Photobucket.comGw ujian! Gw ujian! Gile ujian aja segitu senengnya :p~
Penguji gw:
drg. Fonny Dahong (Ketua Penguji)
drg. Hasmawaty H., M.Kes (Anggota Penguji)
Selama ujian itu gw harus bener-bener konsentrasi *makanya blog ini sempat terlantarkan setelah gw balik dari Aceh n Kaltim* untuk menghafal segala macam teknik-teknik dan prosedur operasi, etc etc. Trus penguji-penguji gw itu (terutama yang pertama) adalah seorang dokter senior yang sangat mendalami banget textbook terkenal untuk bidang ilmu bedah mulut yang berjudul “Oral and Maxillofacial Surgery” karangan Archer. Image hosted by Photobucket.comBuku dengan 2 volume dengan ketebalan yang ga kira-kira nyaingin pump shoes-nya Emmy yang tinggi itu, bener-bener adalah buku yang penuh dengan ilmu. Sayang buku ini udah lama banget edisinya dan gw pun nggak yakin kalau buku ini masih ada di pasaran :( Gw nyari-nyari dan keliling-keliling di perpustakaan Faculty of Dentistry National University of Singapore-pun kagak ada. Yang ada teman gw si Rachel yang terbingung-bingung itu buku macam apa hehehe. Jadi kalau ada yang kebetulan lihat buku kek gini di tukang loak, hubungi gw ya.. mauuu banget!!
Foto teksbook yang warna merah itu adalah bukunya tapi fotokopian. Iya, saking langkanya tuh buku yang ada di perpustakaan Bedah Mulut-pun hanya fotokopiannya. Tapi sumpah berguna banget!!
Oh iya.., selama ujian, yang anak-anak ujian itu ditempatkan di ruangan yang berbeda dengan anak-anak lainnya. Di dalam ruang perpustakaan bagian Bedah Mulut yang terkoneksi langsung dengan ruang dosen Bedah Mulut. Jadi kalau dokter pengujinya datang tinggal dipanggil aja. Kita namai ruangan itu sebagai “ruang penantian ujian” heuhehehe…
Image hosted by Photobucket.com Image hosted by Photobucket.com
Kiri: Berbagai buku-buku Bedah Mulut yang berantakan di meja ruang penantian ujian. Kanan: Daripada stres baca buku udah kebanyakan (duile!) mending ber-narsis-ria hehehe.. Minjem hapenya Ika Adriana a.k.a Echi 00 untuk foto-foto dan bluetooth ke hape gw :D~

Related posts :

4 thoughts on “Ujian di Bagian Bedah Mulut”

  1. Pake Peterson aja ra, lebih mudah di pahami, Archer buku tua, pinjem ama Nurlin yg asih sekolha BM di Unpad tuh, atau sama Ali, mungkin udah balik ke Unhas ya?

  2. hehehe makasih buat usulannya, dok :D
    Archer tua itu difotokopi dari bagian Bedah Mulut kita juga kok.. hehehe tuh buku jadi penghuni tetap di bagian BM Unhas.
    Lagian, ujiannya dah kelar tahun 2005 yg lalu :P

    Nurlin? Ruslin kale.. hehehe..

  3. huaaa,bedah mulut,,lagi di bagian bedah mulut juga nih saya,,,mulai dari archer,petterson, wawww…

    petterson bagus,tapi superficial tu..
    tapi seru juga..hehehe

Leave a Reply