SOLO: Sharing Online Lan Offline (Day 1)

SOLO, Sharing Online Lan OfflineWeekend kemarin saya menyempatkan diri ke Solo. Kalau di TripIt, Solo dinamakan sebagai Surakarta. Ya, kota yang dikenal luas dengan nama Solo ini, sebenarnya nama aslinya adalah kota Surakarta. Di Indonesia, Surakarta merupakan kota peringkat kesepuluh terbesar (setelah Yogyakarta). Sisi timur kota ini dilewati sungai yang terabadikan dalam salah satu lagu keroncong, Bengawan Solo.

Lalu ngapain saya ke Solo? Jadi begini, tanggal 5-6 Juni 2010 kemarin, komunitas blogger Bengawan Solo mengadakan acara yang bertajuk SOLO: Sharing Online Lan Offline. Acara ini merupakan ajang pertemuan blogger dan pengguna aktif teknologi informatika dengan masyarakat luas yang membutuhkan teknologi serupa untuk meningkatkan kualitas hidup bersama. Banyak kelompok perajin dan masyarakat yang sejatinya bisa lebih cepat mengembangkan diri, usaha dan komunitasnya dengan menggunakan internet, namun masih terkendala banyak sebab. Melalui diskusi-diskusi di forum Sharing Online Lan Offline inilah, banyak pihak diharapkan bisa saling menginspirasi.

Saya tiba di Solo jam 3 subuh, hari Sabtu, tanggal 5 Juni 2010. Di subuh itu, kota Solo masih sepi. Kendaraan yang saya tumpangi membelah jalan Slamet Riyadi, mencari Graha Solo Raya yang akan menjadi tempat dilaksanakannya acara SOLO: Sharing Online Lan Offline ini. Setelah menandai letak Graha Solo Raya, saya dan rombongan pun mencari tempat untuk sekedar meletakkan kepala dan tubuh yang telah duduk di atas kendaraan selama 12 jam lamanya ini.

Tepat jam 9 pagi, saya berada di Graha Solo Raya. Karena beda tempat tinggal dengan peserta lainnya, maka saya, dia dan Nhie seperti kepagian tiba di lokasi. Suasana seperti tidak ada acara, sepi, hanya beberapa orang yang seliweran. Setelah nanya ke salah satu orang yang nongkrong dekat tangga, ternyata acaranya di atas. Ya sudah, ke atas deh. Sampai di atas pun, tidak ada tanda-tanda keramaian hehehe. Ya sudah, saya dan rombongan memutuskan untuk menunggu sahaja :D

Kurang lebih 15 menit kemudian, rombongan peserta yang lain telah tiba. Tampak ramai dari komunitas blogger Plat-M Bangkalan – Madura. Mereka menggunakan seragam, kaos warna putih dengan kerah warna merah. Ada tulisan “PLAT-M Nak-Kanak Blogger Bangkalan-Madura” di belakang baju seragam mereka. Di antara mereka ada terselip komunitas-komunitas lainnya, misalnya dari BeBlog (Blogger Bekasi), DeBlogger (Blogger Depok), TuguPahlawan (Blogger Surabaya), Kotareyog (Blogger Ponorogo), dan masih banyak lagi. Lalu panitia pun mulai menggelar kertas absen untuk ditandatangani.


Suasana SOLO: Sharing Online Lan Offline sebelum mulai.


Tampak blogger-blogger PLAT-M mendominasi di antara peserta.

Pembukaan acara SOLO Sharing Online Lan Offline dimulai dengan peragaan Solo Batik Festival. Pakaiannya keren, cantik-cantik. Ini salah satunya.

Setelah segala macam sambutan ini dan itu, dikasih jeda makan-makan snack. Isinya lemper dan sosis. Huh? Sosis? Tidak, jangan bayangkan sosis yang merah itu. Di Solo, yang dinamakan sosis adalah dadar telur yang diisi ayam. Enak! Walau masih merasa ga nyambung ama nama makanannya hehehe :D

Lalu sharing session pun dimulai. Dimulai dengan sharing dari komunitas BHI yang dibawakan oleh mas Bahtiar, kemudian diikuti oleh sharing para pelaku UKM. Mulai dari pak Benyamin Esa, mas Azis dari Batik Putra Laweyan, hingga ibu-ibu dari JARPUK (Jaringan Perempuan Usaha Kecil). Acara ini emang keren! SOLO: Sharing Online Lan Offline, mempertemuan para penggiat komunitas online dan para penggiat komunitas offline dan UKM untuk saling mengisi dan berkembang bersama. Great!

Terus terang, saya tidak terlalu mengikuti acara secara khidmat. Duduk di barisan kedua paling belakang membuat saya lebih tergoda untuk live-tweeting apa yang saya dengar, serta ketemuan dengan blogger-blogger lain. Baik blogger yang sudah kenal dan ketemu sebelumnya, maupun yang sudah tau tapi belum perah ketemu sebelumnya. Ada mbak Ajeng, mas Gajah Pesing, mas Bahtiar dari BHI. Nhie sendiri malah asik kopdar dengan Rinnaite, anak ID-ANIME, yang kebetulan juga blogger asal Klaten tapi kuliah di Jakarta :D saya juga bertemu dengan Didut, Pepeng dan rombongan Loenpia, Herman Saksono dan rombongan Cah Andong.

Di akhir acara sempat ngobrol-ngobrol dengan Wahyu Alamsyah ketua komunitas Plat-M Bangkalan-Madura, Azaxs dari komunitas blogger Ponorogo, pak Aris Heru ketua komunitas Blogger Bekasi.

Hari yang indah itu diakhiri dengan wisata kuliner: Wedang Ronde di depan Graha Solo Raya dan berburu Timlo khas Solo sebagai makanan utama di malam itu. Enak enak enak :D


Wedang ronde di depan Graha Solo Raya menghangatkan tubuh setelah hujan.


Timlo Kwali di belakang Mangkunegaran, enak banget!


That’s all for today. Sampai ketemu di tulisan tentang SOLO berikutnya ;)

Related posts :

17 thoughts on “SOLO: Sharing Online Lan Offline (Day 1)”

  1. waaaii~ ngiler lagi liat timlonya XD
    baru kali itu ngerasain timlo Solo, enaak, dan kata mbak Ajeng itu bukan timlo yang paling enak?? lain kali kudu ngerasain yang nomer satu! *berapi-api*
    eniwe, senang bertemu dengan anda, teman-teman dari AM dan rekan-rekan blogger semua. it’s been a nice experience :)

  2. Hey Yawl I read the information you posted here and I wanted to say you guys need to continue to add more articles. It’s really fascinating to us readers and I will be back. I will promote with my friends. Keep publishing great stuff!

  3. Kok gak dari dulu ya aku kenal sama mbak Rara, tapi gak apa-apalah yang penting sekarang sudah kenal… :)
    Ngomong-ngomong fotoku nampang tuh mbak, tapi kelihatan punggungnya doank… :D

Leave a Reply