Social Media Day

Tanggal 30 Juni kemarin, seluruh penggiat media sosial di seluruh dunia merayakan Social Media Day. Apakah media sosial itu? Menurut Wikipedia, media sosial adalah sebuah media online dimana para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, sosial network atau jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki mungkin merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Di Indonesia, perkembangan media sosial meningkat dengan pesat. Perkembangan ini didukung dengan mudahnya mengakses internet melalui ponsel. Kini untuk mengakses facebook atau twitter misalnya, bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja hanya dengan menggunakan sebuah ponsel Demikian cepatnya orang bisa mengakses media sosial mengakibatkan terjadinya fenomena besar terhadap arus informasi tidak hanya di negara-negara maju, tetapi juga di Indonesia. Karena kecepatannya media sosial juga mulai tampak menggantikan peranan media massa konvensional dalam menyebarkan berita-berita.

Pada tanggal 30 Juni 2010 kemarin, sejumlah penggiat media sosial berkumpul dan merayakan Social Media Day di lokasi masing-masing. Ini semua karena Mashable hahaha..

Indonesia pun tidak ketinggalan. Khususnya di Jakarta, FreShKaskusObsat bekerjasama mengadakan perayaan Social Media Day di Mezzaluna Cafe – Kemang. Acara berlangsung seru dan ramai. Menurut penyelanggara, yang hadir 300 orang, bahkan mungkin saja lebih. Sangat crowded dan ramai. Di sana-sini terlihat para penggiat media sosial yang berdiskusi, bersosialisasi, networking, atau bahkan hanya sekedar having fun menikmati musik oleh Mike’s dan Saykoji.

Saya sendiri tiba di lokasi jam 20.30, karena sebelumnya harus meeting di tempat lain. Acara yang tadinya berbayar Rp 30.000 ini akhirnya tidak melanjutkan penarikan HTM-nya. Katanya karena saking banyaknya pengunjung, makanan habis hihihi ga tau sih bener apa nggak hehehe :D Yang pasti, saking crowded-nya saya mojok saja dekat elevator. Kenapa di situ? Tempatnya adem, pas di bawah AC. Hohoho.

Walau hanya berada di satu tempat, saya bertemu dengan banyak orang. Beberapa di antaranya baru bertemu hari itu (sebelumnya sudah berinteraksi via dunia maya), yang lainnya malah seperti reunian, karena sudah lama ga bertemu dan dipertemukan kembali di acara ini. Hihihi kayak anak yang hilang saja :P
Saking terlalu asyik, sampai lupa makan, foto-foto, dan hanya sesekali nge-tweet tentang acara tersebut :P Jadi saya gak yakin ada di foto manapun dan dengan pedenya yakin ga akan kena “tag” di Facebook untuk album foto2 khusus acara ini :P

Berikut foto-foto yang saya comot dari blognya Pitra, yang menggambarkan suasana di acara tersebut.

smday

smday

Happy Social Media Day, June 30th :)

6 thoughts on “Social Media Day”

Leave a Reply