Pemimpin Masa Depan

Pemimpin masa depan seperti apakah yang diidam-idamkan oleh seluruh warga negara Indonesia? Apakah pemimpin yang sekarang sudah merupakan pemimpin yang baik, atau apakah kita justru merasa kurang puas dengan pemimpin yang sekarang? Bagaimanakah tipe pemimpin yang baik dalam artian sebenarnya? Apakah kita punya impian tentang pemimpin masa depan?

Menjadi pemimpin itu bukanlah hal yang mudah. Seorang pemimpin harus dapat bertanggungjawab atas komunitas / organisasi / perusahaan / negara yang dipimpinnya. Banyak orang berlomba-lomba ingin menjadi pemimpin, tanpa tahu sebenarnya tidak semua orang dapat menjadi pemimpin. Tidak sedikit pemimpin gagal dalam menjalankan tugasnya. Bahkan ada pula pemimpin yang tidak disenangi karena memiliki kebijakan yang salah.

Menjadi pemimpin juga sebaiknya dapat memberikan inspirasi bagi orang-orang di sekitarnya dan di dalam komunitas / organisasi / perusahaan / negara yang dipimpinnya. Dan menurut saya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjadi pemimpin sekaligus inspirator bagi orang banyak.

Kualitas diri. Menjadi seorang pemimpin berarti harus mempunyai kualitas diri yang baik, dan kepribadian yang baik. Untuk mendapatkan ini, seorang pemimpin perlu banyak mendengarkan pendapat orang lain, dan banyak belajar dari melihat masyarakat di sekitarnya.

Integritas. Integritas akan memberikan kekuatan pada kata-kata dan tindakan seorang pemimpin. Dan sebaiknya seorang pemimpin menggunakan mata hati, bertindak sesuai dengan apa yang dikatakan, dan gunakan hati agar semuanya dapat berjalan dengan baik.

Peduli dan ucapkan terima kasih. Hal ini mungkin terlihat kecil tapi dampaknya luar biasa jika dilakukan. Berikanlah reward kepada mereka yang berprestasi dan banyak menolong. Jangan lupa mengucapkan terima kasih, hari ini, besok dan kemudian.

Belajar mencintai. Ingat pepatah dari Kahlil Gibran, “kerja adalah cinta yang mengejawantah“. Rasa cinta penting dalam segala hal, termasuk dalam memimpin, bekerja, dan lain-lain.

Ada sebuah program yang bertujuan untuk mengembangkan potensi generasi muda agar dapat menjadi pemimpin masa depan Indonesia dan mampu bersaing di tingkat dunia. Nama program ini adalah XL Future Leaders.

Pelatihan ini juga dilakukan untuk mendukung tujuan pemerintah Indonesia untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu dari 5 kekuatan utama dunia ekonomi pada tahun 2030, dengan memberdayakan sosok – sosok muda terbaik Indonesia.

Program ini dirancang sangat khusus dan penuh pertimbangan agar mereka yang terpilih dalam program ini menjadi lebih percaya diri tampil sebagai pemimpin Indonesia di masa depan. Program XL Future Leaders memfokuskan pada lima area kompetensi yang diperoleh dari studi khusus, yakni Berpikir Kritis, Kepimimpinan, Komunikasi, Kreativitas, dan Perilaku.

XL Future Leaders terbuka bagi generasi muda terbaik Indonesia yang telah lulus proses seleksi oleh PT XL Axiata. Untuk dapat mengikuti program ini, Anda harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
– Mahasiswa Indonesia
– Saat ini duduk di tahun ke-2 atau ke-3 di perguruan tinggi / universitas (program sarjana)
– Maksimal berusia 21 tahun
– Jurusan: Telekomunikasi, IT, Industri / Teknik Elektro, Matematika / Statistik, Bisnis & Ekonomi, Pemasaran dan sebagainya
– IPK minimal 2,8

Untuk informasi dan pendaftaran secara online selengkapnya ke alamat : http://xl.co.id/futureleaders/

Informasi selengkapnya :
Twitter : @indberprestasi
Facebook : indonesiaberprestasi
Call Centre : 0817 118 119

Pendaftaran Indonesia Berprestasi bisa dilakukan dari tanggal 6 Juni 2012 – 7 September 2012.

Are you the future leader? That is another question :)

7 thoughts on “Pemimpin Masa Depan”

  1. Saya mau deh ikut, tapi umur saya udah 2x persyaratan, :) Salut bual XL udah berpartisipasi ikut membantu lahirnya pemimpin.
    *semalam saya ngikutin presentasi Rara di #xlberbagi

Leave a Reply