Nostalgia Internet

internet onlineBeberapa hari yang lalu sempat ngobrol-ngobrol ama teman lama. Yup, teman lama, karena bener-bener udah lama ga saling kontak lagi, tiba-tiba dipertemukan dengan salah satu fasilitas sosial media yang lagi ngetren akhir-akhir ini. Dulu kenal ama temanku itu lewat media online juga, tapi bukan sosial media atau apapun. Kenalnya melalui sebuah media jadul bernama Internet Relay Chat alias IRC, hehehe.

Karena dunia jadulnya sama, jadilah kami bercerita mulai dari browser-browser jaman dulu, hingga ke jenis-jenis e-mail dan fasilitas online yang ada di internet. Yah, topiknya ga berat-berat amat sih, hanya mengenang masa-masa internet masih diakses melalui modem 14.4 kbps hehehe..

Karena pembicaraan tersebut, kemarin saya jadi iseng membuat list seluruh e-mail yang saya pernah daftar. Baik yang masih aktif hingga sekarang hingga yang udah tinggal nama. Biasalah, dulu kan masih iseng dan pengen tau. Jadi fasilitas e-mail gratis yang baru, langsung dicoba dan dipake. Padahal belum tentu akan dipake seterusnya :D Lalu dengan iseng, konek internet, mengecek domain-domain yang dulu pernah didatangi untuk daftar e-mail gratisan. Wuih, ternyata udah banyak yang ga update. Untuk e-mail gratisan lokal, saya nyari di ekilat dan plasa.com.

Masuk ke ekilat, ada pengumuman bahwa fasilitasnya udah ditutup sejak tahun 2002. Hmm ya memang kayaknya udah lama gitu, sejak tahun 1999 kalo ga salah.

Masuk ke plasa.com, saya jadi takjub ama tampilan webnya! Tadinya saya masih berpikir akan menemukan website lama yang kurang menarik, tampak ga pernah diupdate, dll dsb. Ternyata tampilan web plasa.com sudah diupdate.


tampilan plasa dot com yang lama

Yang menarik, plasa.com sekarang ini bukan hanya sekedar fasilitas e-mail gratisan dan berita-berita kurang update seperti dulu. Tapi sudah ada fasilitas chatting, forum, blog, bahkan toko online pun ada! Bahkan mereka memberi fasilitas kepada para komunitas atau organisasi untuk memiliki thread sendiri di plasa.com. Jadi ga perlu repot-repot lagi memikirkan domain dan hosting untuk komunitas / organisasi yang ingin punya tempat diskusi online.


tampilan plasa dot com yang baru

Yang lebih menarik lagi adalah fasilitas toko online yang diberikan oleh plasa.com. Untuk yang ingin punya toko secara online, ga perlu repot lagi memikirkan bagaimana cara mendevelop sebuah toko online sendiri. Ga perlu belajar yang canggih-canggih lagi. Tinggal ke toko online-nya plasa.com, lalu registrasi. Ketentuan dan persyaratannya untuk membuka toko (merchant) di toko online plasa.com ini juga lengkap dipaparkan di sini. Bingung registrasi? Ada tutorial lengkap tentang cara berjualan dan berbelanja di toko online plasa.com. Dalam bentuk video!


tampilan toko online plasa dot com

Whew! Keren juga! Mau jualan, ga perlu capek. Cukup buka secara online!

Tadinya saya pikir mungkin saya yang basbang melihat tampilan Plasa.com ini. Eh sepertinya tampilan dan fasilitas-fasilitas ini masih baru! Terbukti bahwa mereka baru akan Grand Launching yang ditayangkan pada tanggal 27 Maret 2010, di Global TV, pukul 20.00.

Pastikan kalian nonton acara ini, sebab di saat bersamaan akan diadakan pula undian berhadiah 24 buah iPad, yang akan dibagikan setiap jam.

Eits, ga sembarangan yang bisa ikut undian. Tentunya dibatasi untuk para member saja. Mau ikut undiannya, gampang, tinggal daftar / register sebagai member di Plasa.com, mulai sekarang! Siapa tau ada yang dapat iPad, wih keren! Makan-makan pokoknya? :D

12 thoughts on “Nostalgia Internet”

  1. Iya, sis.. Plasa sekarang beda ama yang duluw hwekekekeke. :D Mo buka lagi akun di sana, tapi takut keteter lagi :D secaraaaaaaa… banyak yang keteter hihihihi ;))

    Anyhoo, soal IRC… hmmm… UNDERNET gitu lhoch hahahaha…

    Jadi inget semua tentang IRC.
    Mulai dari UNDERNET *lirik2 Kidy :p*
    Terus nick yang aneh!
    Inget tulisan “/me” hahaha
    Inget sama jeles2an di ruagn chat *doh!*
    Inget sama room2 dan OP! I love OP :D
    Slaps dllnya… punya sodara juga dari IRC. Keren deh pokoknya :D

    Balik lagi ke Plasa -> semoga tambah keren ;))

  2. email pertama saya juga di Yahoo dan Plasa.com. Wah nama terakhir ini nampaknya lagi hot-hotnya dibicarakan orang di tweeter, jadi pengen nongton launchingnya.. Eitu 1/2 jam sebelum Earth Hour yak :lol:

  3. waaa..Rara bisa termasuk pengguna internet generasi awal nih..khususnya di kalangan anak AM..saya sendiri mulai pake internet taun 2000 trus taun 2002 vakum dan baru nyentuh internet lagi taun 2006.
    gak tau nih sekarang, apakah website XXX yang dulu sering dikunjungi itu masih ada ato sudah mati…:D

  4. wah iya bu..barusan ngecek, ternyata banyak yang menarik plasa…abis cuci mata nih liat barang2 disana hehe
    Thank you bu infonya :)

Leave a Reply