Next Destination, Singapore?

Bila ditanya, negara apa yang paling sering dikunjungi oleh orang-orang di Indonesia? Kebanyakan jawaban yang saya temukan adalah Singapura. Kenapa? Alasannya bermacam-macam, misalnya karena jarak yang lebih dekat, karena tiket promo yang murah, atau karena transit dalam perjalanan yang lebih jauh.

Saya pun udah tak bisa lagi menghitung berapa kali menginjakkan kaki di negara singa tersebut. Sejak tahun 2001, Singapura termasuk negara yang paling sering dikunjungi, untuk liburan, ada acara khusus, atau hanya sekedar transit saja.

Moment paling dekat ke Singapura, ya ikutan FOSSAsia 2015 bersama teman-teman Mozillians lainnya, beberapa waktu yang lalu. Acara FOSSAsia ini adalah acara kumpul-kumpul plus seminar untuk para pengguna open source yang berdomisili di Asia. Selain ikutan acara tersebut, tentu saja ya jalan-jalan!! Sekalian menjadi guide untuk Nhie yang baru pertama kali mendapat cap di paspornya, alias pertama kali :D

Webmaking in Public Space session
Webmaking in Public Space session @ FOSS Asia 2015
Mozilla Booth @ FOSS Asia 2015
Mozilla Booth @ FOSS Asia 2015

Untuk jalan-jalan, ikutan acara, tentunya perlu foto-foto dan posting ke media sosial dong. Selain live report, juga postingan-postingan yang membuat orang lain pada sirik hihihi. Dan posting-posting kayak gitu perlu koneksi internet dong. Kalau lagi pas ada acara sih enak, karena bisa mengandalkan wifi gedung.

Selain buat posting, tentu saja jika ada koneksi internet, bisa membantu untuk survive di negara orang supaya nggak nyasar.

Rame-rame mencoba Martabak Rusa di Arab Street
Rame-rame mencoba Martabak Rusa di Arab Street
Kalau udah foto di sini, katanya sah udah ke Singapura :))
Kalau udah foto di sini, katanya sah udah ke Singapura :))

Untuk punya koneksi internet setiap saat, ada beberapa macam pilihan. Pakai simcard lokal, atau international roaming. Nah, kebetulan, untuk Singapura, Telkomsel baru saja mengadakan promo paket international roaming khusus untuk Singapura. Mulai dari 50 ribu rupiah, 200Mb untuk internet seharian selama di Singapura tanpa harus mengubah settingan di gadget. Promo ini berlaku mulai 28 April 2015 untuk seluruh pelanggan simPATI, kartu As, Loop dan KartuHalo, loh.

Karena saya menggunakan KartuHalo alias pasca bayar, tentunya ini pilihan paling oke, untuk mencegah tagihan melonjak dan jebol. Ini penting. Kenapa? Untuk mencegah terjadinya kejutan akhir bulan dengan membaca tagihan hehe. Istilah kerennya, “no bill shock.”

*266#
*266#

Dan adanya paket ini, sangat memudahkan pelanggan, karena tidak perlu ke grapari untuk setting hp serta laporan untuk membuka fitur international roaming. Dan ternyata, tarif international roaming ini sebenarnya setara dengan tarif operator lokal, lho.

Gimana caranya? Yang pasti ini khusus untuk operator Telkomsel, lalu hubungi *266# atau +628110000333 (bebas biaya) dari luar negeri. Untuk yang membutuhkan koneksi internet saja, cukup berlangganan paket internet kemudian lamanya hari disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk yang butuh telpon atau sms, selain koneksi internet saja, dapat berlangganan paket 3in1 (telepon, sms, internet), yang berlaku di seluruh operator Singapore dengan tarif hemat sampai dengan 90%.

Mozillians @ FOSS Asia 2015
Mozillians @ FOSS Asia 2015

Jadi, kapan ke Singapura lagi?

Related posts :

7 thoughts on “Next Destination, Singapore?”

  1. Kalau di luar negeri, biasanya saya lebih memilih menggunakan nomer lokal mbak. Jatuhnya lebih murah daripada pake paket luar negerinya provider lokal hehehe.

    Singapura memang menjadi tujuan awal paling banyak teman-teman yang ingin cap paspor pertama. Paling dekat, biaya murah dan lumayan gampang menaklukkan Singapura karena kota nya yang ramah pengunjung.

    Nice post

  2. Mbak Raraaaaaaaaaaaaaaaa………*Pakai TOA Masjid*

    2015 emang ajaib…aku jg utk pertama kali dapat stempel di Passport pas ke Malaysia bulan Juni. Iya sih, soal koneksi internet dan langganan data pas di luar negeri aku hanya bisa mengandalkan wi-fi waktu itu.

    Infonya bermanfaat nih…..

Leave a Reply