Natal dan Pohon Natal

christmasHari Natal sangat identik dengan pemasangan pohon natal. Pohon natal yang dimaksudkan di sini, merupakan pohon cemara dengan berbagai macam hiasan natal yang dipasang di pohon tersebut. Dan kemudian di ujung pohon natal tersebut dipasangkan sebuah bintang yang besar, dianggap sebagai bintang Bethlehem, bintang yang bersinar terang saat kelahiran Yesus Kristus.

Tradisi pohon Natal ini, berasal dari negara barat sebab Natal di negara barat identik dengan pohon cemara yang mempunyai tumpukan salju baik pada dahan, maupun terbentang di bawah pohonnya. Dan pohon cemara di musim dingin, merupakan satu-satunya pohon yang selalu hijau daunnya, karena tidak meranggas di saat musim dingin.

Kemudian tradisi ini diikuti oleh banyak orang, hingga sampai sekarang di mana ada perayaan Natal, pasti ada pohon Natal. Pohon Natal bukanlah suatu keharusan di gereja maupun di rumah sebab ini hanya merupakan simbol agar kehidupan rohani kita selalu bertumbuh dan menjadi saksi yang indah bagi orang lain “evergreen”. Pohon Natal (cemara) ini juga melambangkan “hidup kekal”, sebab pada umumnya di musim salju hampir semua pohon rontok daunnya, kecuali pohon cemara selalu hijau daunnya.

Pohon natal di rumahku tahun lalu, adalah pohon mangga di belakang rumah yang dihias oleh lampu-lampu. Tahun ini, karena dapat hadiah pohon natal fiber optik, jadi pake pohon imitasi deh :P

Related posts :

15 thoughts on “Natal dan Pohon Natal”

  1. Hi Rara…long time no c…
    Pindah alamat blog (lagi) ?
    untung ktemu pas lg blogwalking…
    NGucapin Met Natal dah lewat yah…
    Season greeting and a Happy New Year 2007 aja deh…

Leave a Reply