#My2010

Ya ya saya tau, ini postingan telat, sebab tahun baru sudah lewat kurang lebih 2 minggu yang lalu :P

#My2010 adalah salah satu hashtag yang beredar di salah satu jalur jejaring sosial: Twitter. Varian lain dari hashtag ini adalah #2010was yang sempat menjadi trending topic di hari terakhir tahun 2010 kemaren.

Berikut di postingan ini saya ingin cerita2 tentang tahun 2010 saya. Tahun ini adalah tahun yang gado-gado untuk saya. Ada susah, ada senang, ada sedih, ada marah, ada kesal, ada benci, semua bercampur jadi satu. Dan di akhir tahun ini, saya hanya bisa tersenyum mengingat semua yang telah terjadi di tahun ini.

Siap-siap berlama-lama di sini, karena postingan ini sangat panjang dan penuh foto2 :D

Januari – Maret 2010
Got my new job, moved to new city. Sambil ngurusin kerjaan baru, mulai banyak nongkrong di Starbucks, dan tentunya ditemani dengan Belutz, Golda, Deden, Dhiemazt, dan masih banyak lagi. Kebanyakan nongkrongnya di FX dengan alasan bandwidth raksasa :D Ikut banyak kopdar, masih terkena euforia pindah ke lingkungan baru.

Starbucks FX

Kopdar dengan Mamie dan Nawir Gani

April 2010
Seperti yang pernah saya ceritakan di sini, saya diberi tanggungjawab untuk mengemban tugas yang sangat besar dalam dunia perbloggingan. Menjadi Chairwoman Pesta Blogger 2010 untuk melaksanakan Pesta Blogger 2010, sebuah acara tahunan para blogger di Indonesia yang berskala nasional.
Bersama dengan teman-teman teamwork, memulai persiapan-persiapan menuju Pesta Blogger 2010. Mereka adalah Amril Taufik Gobel, Henny Rolan, S. Setiawan, Luzipeng, Yati Maulana, Indah Juli, Sofia Kartika. Dan tentunya dibantu dengan para advisors Enda Nasution, Ndoro Kakung, Iman Brotoseno, Ong Hock Chuan, serta didukung oleh teman-teman dari Maverick: Nia Sadjarwo, Hanny Kusumawati, Nena Brodjonegoro.

Ini adalah foto bareng para panitia Pesta Blogger 2010 saat usai meeting perdana. Pak Amril, Mas Iman, dan Nena berhalangan hadir.

Mei 2010
Di akhir bulan ini juga saya menyempatkan diri untuk pulang kampung sejenak, menikmati canda tawa bersama keluarga dan teman-teman Angingmammiri, menikmati kuliner khas Makassar.

View from Kampoeng Popsa, Makassar.

Coto Makassar

My dearest Angingmammiri friends

Juni 2010
Ikutan SOLO: Sharing Online Lan Offline yang diselenggarakan oleh Komunitas Blogger Bengawan. Saya, Nhie, dan Nawir Gani hadir di sana mewakili Komunitas Blogger Makassar Angingmammiri. Acara ini berlangsung selama 2 hari. Hari pertama adalah seminar sehari dan sharing antar komunitas, hari kedua adalah tur yang dibagi atas dua, yaitu susur sungai Bengawan Solo dan jalan-jalan ke Laweyan, Kampung Batik Solo.

Foto bareng Angingmammiri - Blogger Bekasi - Loenpia - Cah Andong. Dok: jirolu.net.

Juli 2010
Jalan-jalan ke Bangkok – Thailand bareng Golda, seperti yang saya telah posting di sini, di sini, dan di sini…. dan masih bersambung karena saya komit untuk menyelesaikannya :D hahaha dan lucunya, saat itu Golda baru saja melangsungkan pernikahannya 2 minggu sebelumnya. Banyak yang ngirain Golda pergi ke Bangkok untuk honeymoon, padahal sebenarnya bareng saya wakakak :P

Menyusuri Floating Market di Bangkok - Thailand

Agustus 2010
Awal Agustus dimulai dengan perjalanan ke Semarang bersama blogger-blogger dari Lampung, Jakarta, Depok, Bekasi, Cikarang, Bandung, Jogja, Semarang, Klaten, Surabaya, Malang dalam acara #XLNetRally. Acara yang ditempuh via darat itu berangkat dari beberapa kota (Lampung – Jakarta, Bandung, Malang – Surabaya, Jogja), dan semuanya bertemu di Semarang. Disponsori oleh XL, acara yang diadakan di akhir minggu awal bulan Agustus tersebut, berlangsung meriah.

Bersama para peserta #XLNetRally menyempatkan berkunjung ke Lawang Sewu, Semarang.

Pertengahan bulan Agustus, ada Kick-Off dan Press Conference untuk Pesta Blogger 2010. Di acara ini diumumkan tempat dan tanggal pelaksanaan, serta gambaran besar tentang pelaksanaan Pesta Blogger 2010 itu sendiri. Blogshop-blogshop yang dilakukan di tiap kota, juga diumumkan di sini. And this is my first press conference, terus terang grogi luar biasa :D well I am not a PR, jadi agak susah lah untuk jualan kecap dengan mulus hihihihi..
Kick Off and Press Conference for Pesta Blogger 2010, Jakarta. Dok: PestaBlogger.com

Usai Kick Off dan Press Conference, beberapa hari kemudian Blogshop pun dimulai. Akhir minggu tersebut diisi dengan pulang kampung lagi (yay! \^o^/). Ke Makassar, yang merupakan kota pertama pelaksanaan Blogshop Pesta Blogger 2010. Dan tentu saja, penyelenggaranya adalah Komunitas Blogger Makassar Angingmammiri. Dan kali ini mereka melaksanakan Pesta Blogger di Makassar dengan jalan berkolaburasi dengan komunitas-komunitas online dan offline di Makassar. Proud of all of you, guys! Mwah.
Blogshop PB2010 Makassar. Dok: dg Ipul

Pesta Blogger Makassar 2010 Dok: dg Ipul

Teman-teman Angingmammiri yang jadi seksi repot :D Dok: dg Ipul

September 2010
Selanjutnya, blogshop PB2010 bergulir dari kota ke kota di Indonesia. Seluruhnya ada 10 kota yang dikunjungi dalam pelaksanaan Blogshop PB2010. Tiap weekendku terisi dengan bertemu teman-teman blogger di kota-kota yang dikunjungi tersebut. Kalau tahun2 sebelumnya chairman-nya tidak mendatangi seluruh kota, kali ini saya bertekad untuk ikut kesepuluh kota tersebut. Tujuannya sederhana, ikut memotivasi komunitas setempat untuk melaksanakan blogshop dan pesta blogger di kota tersebut dan mengundang serta meminta partisipasi teman-teman komunitas di PB2010. Tujuan pribadi? KOPDAR!! Wahahaha *digetok*

Padang
Manado
Pontianak
Banjarmasin
Jogja
Surabaya
Madura
Aceh
Medan

Dan saya sangat bersyukur, dengan adanya Blogshop PB2010, komunitas-komunitas blogger yang didatangi menjadi termotivasi kembali. Untuk yang vakum jadi aktif kembali, untuk yang gak pernah kumpul jadi ajang reunian, bahkan ada yang membentuk kembali komunitasnya dengan re-launching.
Di Makassar, Komunitas Blogger Angingmammiri bekerjasama dengan komunitas-komunitaso online/offline dalam kampanye “Makassar Tidak Kasar!” (@mksrtdkksr), demi mengentaskan stigma-stigma negatif tentang Makassar akibat pemberitaan media yang tidak mendalam.
Di Padang ada Komunitas Blogger Palanta, yang tadinya vakum akhirnya bangkit kembali, dan pada malam setelah Pesta Blogger Padang 2010, mereka melakukan reshuffle kepengurusan Palanta.
Di Manado, dengan 3 orang blogger tambah 2 calon blogger, termotivasi untuk me-re-launch komunitas blogger Kawanua kembali.
Di Pontianak, Pesta Blogger 2010 lebih semarak dengan kedatangan Daniel Doughty dari Kuching. Di Banjarmasin, teman-teman Komunitas Blogger Kayuh Baimbai meluncurkan buku komunitas yang berjudul “Menulis Dalam Gelap”, yang ditulis, dicetak dan diproduksi oleh mereka sendiri. Di Jogja semarak dengan rally Jogja dan Pesta Blogger Jogja yang melibatkan banyak komunitas offline online se-Jogja. Di Surabaya, dengan tenaga dari teman-teman Komunitas Blogger TuguPahlawan dapat mengundang 200-an peserta dari berbagai komunitas online di Surabaya. Di Madura, teman-teman Komunitas Blogger Plat-M menjangkau hingga pesantren-pesantren. Mereka mengundang anak-anak pesantren untuk ikutan blogshop, bahkan yang dari Jember pun datang ke Bangkalan – Madura, hanya untuk ikutan blogshop! Di Aceh, teman-teman Komunitas Blogger Aceh mengadakan diskusi dan lomba blog untuk memotivasi blogger-blogger Aceh menuliskan segala sesuatu tentang Aceh di internet.
Di Medan, teman-teman Komunitas Blogger Sumut dan teman-teman Komunitas Blogger Awak Medan berkolaburasi untuk melaksanakan blogshop dan Pesta Blogger Medan 2010.
Moral of the story, saya sangat senang dengan hasil positif yang dituai dengan diadakannya Blogshop PB2010 ini. Hasil positif yang membawa mereka kembali untuk lebih kritis terhadap lingkungan dan komunitas sekitarnya, demi membawa dan membangun daerah masing-masing.

Oktober 2010
Di akhir bulan ini adalah pelaksanaan Pesta Blogger 2010. Puncak dari segala kesibukan luar biasa selama 6 bulan sebelumnya. Untuk cerita tentang Pesta Blogger 2010, tentunya masing-masing individu mempunyai cerita yang unik, jadi silakan menjelajah internet dan cari tag “pb2010” untuk cerita- cerita tentang Pesta Blogger 2010 yang telah ditulis oleh para peserta maupun panitia yang ada.
Yang pasti, rasa terima kasih saya sangat besar untuk semua yang hadir, semua yang udah dukung acara ini, dan semua yang udah bantu2in acara ini. *gruphug*

pb2010
Bersama teman-teman Komunitas Blogger Angingmammiri di Pesta Blogger 2010, Jakarta. Dok: dg Ipul.

November – Desember 2010
Back to regular life, being a dentist! Hahaha..
Desember 2010 pertengahan ada acara #ultah AM di Puntondo, Takalar. But that’s another posting :)

Itulah #My2010 secara garis besar. Bagaimana dengan 2010 kalian?
Welcome, 2011.

Related posts :

22 thoughts on “#My2010”

  1. Jiakakaka, dari sekian banyak poto, ada 2 punyaku! Xixixixi. 2010 is awesome! Eh, skinnya ganti. tidak ada lagi blogroll sebanyak-banyak itu. Hahaha

  2. PB 2010+ itu memang yang paling berkesan bagi saya. Juga jadi kenal dengan yang namanya Rara, jadi masuk ke angingmammiri atas dorongan beberapa teman :)

    Jadi tahu juga bahwa ngeblog itu asyik benar ternyata.. gak kebayang bisa kenal orang2 dari sabang sampai merauke.. kalau ga ada blog kebayang sepinya dunia ini (lebay) hehe..

  3. Woww…mantap laporannya Rara, kaya foto dan narasi. Tahun 2010 memang sangat mengesankan, apalagi berada dalam satu team bersama orang-orang hebat pada kepanitiaan PB 2010. Keep moving ibu dokter!

  4. Rara..!! you are so amazing..!!!
    saya selalu bilang : we proud of you, dan ndak salah dong kalau sekali lagi saya bilang begitu..:-)

    ndak ada fotoku saya di atas..:(
    tapi setidaknya saya nyumbang 4 foto untuk postingan ini..
    catat itu..!!

    hahahaha

  5. mantab mentong…
    smoga apa2 yang baik di 2010 bisa dipertahankan dan ditingkatkan
    dan apa2 yg jelek ditinggal saja jadi kenangan dan pelajaran :D
    eniwei ada beberapa fotoku diatas, thanks so much…
    sukses terus bu bos…

  6. huaa~
    Saking lamanya nggak maen ke sini,
    ternyata udah ganti template aja
    Tapi koq jadi pink banget?
    Kayak bukan k’ Rara.

    ah~
    Nice posts and pictures.
    eh eh Ini kenapa nggak enak hati tiap kali liat foto anak AM ngumpul
    XDDD

    my 2010? full of storms :D

    wish another great year for you and me :D

  7. I was tweeting away on twitter trying to find something to cure my boredom – and KABOOM – someone I follow tweeted this post. Now, I am not quite as bored. Thanks for posting great material. – Frisbee

Leave a Reply