#MozCamp2011 Asia dan Kuala Lumpur – Day 1

Bulan November kemarin saya sempat menyambangi Kuala Lumpur – Malaysia, demi mengikuti acara akbar Mozilla Camp Asia 2011. Mozilla Camp Asia 2011 ini adalah acara invitation-only bagi para kontributor aktif Mozilla di Asia. Dan ini adalah Mozilla Camp yang pertama kali diselenggarakan di Asia, dengan tema “Many Voices One Mozilla”.

Many Voices One Mozilla

Acara Mozilla Camp Asia tersebut diselenggarakan dari tanggal 19 – 20 November 2011, di Hotel Intercontinental, Kuala Lumpur – Malaysia. Diikuti oleh kurang lebih 150 peserta dari berbagai negara, khususnya negara-negara di Asia. Para paid staff dari Mozilla Foundation HQ (headquarter) juga pada berdatangan. Termasuk Chairperson Mozilla Foundation, Mitchell Baker! Yay! Dan ya, tentunya Gen Kanai juga ada!

Mozilla Indonesia di Mozilla Asia Camp 2011. Photo by Viking Karwur.

Mozilla Representative asal Indonesia yang berangkat adalah Viking Karwur, Yofie Setiawan, Benny Chandra, Andi Darmawan, Finan Akbar, Fauzan Alfi, Jemmy Novy, Artanto Ishaam, Ademas, dan tentunya saya juga hehe. Seharusnya Rizqinova juga ikutan, tetapi dia kemudian membatalkan diri karena anaknya sakit.

Kontingen Indonesia untuk Mozcamp 2011. Photo by Yofie Setiawan

Tanggal 18 November 2011 siang, berangkat dari bandara Soekarno-Hatta, rombongan tiba di KL-LCCT (Low Cost Carrier Terminal) *lirik Fauzan yang menyangka pesawatnya mendarat di KLCC =))*.

Narsis dulu sebelum boarding dari T3. Photo by Yofie Setiawan

Dari LCCT, langsung dijemput oleh volunteer MozCamp, dan dipandu oleh volunteer tersebut melalui bis, monorail, dll, hingga tiba di Hotel Intercontinental, tempat MozCamp Asia 2011 diadakan.

Voulunteer MozCamp2011 sedang membagikan amplop berisi tiket bis dan tiket monorail KLIA ke KL Sentral. Photo by Yofie Setiawan.
Volunteer yang ini setia menunggu kami di arrival gate LCCT. Photo by Yofie Setiawan.

Hal yang menyenangkan adalah, saya bisa tetap menggunakan blackberry walau lagi dalam perjalanan overseas seperti ini :D. Karena menggunakan XL, saya tinggal switch pake manual operator ke Celcom, dapat deh free BB roaming untuk 3 hari pertama di Malaysia. Ditandai dengan sms notifikasi masuk. Tetapi sebelumnya, ketika masih di Jakarta, saya mengaktifkan BB International Roaming. Setahu saya, yang bakalan dapat free BB roaming seperti ini adalah bagi mereka yang langganan BB Full Service, dan saya adalah salah satunya. Hehehe :D

Selain menikmati blackberry-an, saya juga bisa menelpon dan ditelpon tanpa harus daftar macam-macam, dan tanpa harus mengganti ke simcard lokal. Tarifnya hanya Rp 3500 / menit (ditelpon dan menelpon), dan Rp 3500 untuk sms. Konon kabarnya servis ini, baru dan pertama di Indonesia.

Lah malah jadi ngomongin si XL hahaha :D anyway, sesampainya para rombongan di Hotel Intercontinental, registrasi, lalu langsung mengikuti Welcome Party di Junior Ballroom, lantai 2. Di sana Gen Kanai memberikan welcoming speech, diikuti dengan dinner dan suasana networking yang cair antar Mozillian.

Registrasi. Photo by Yofie Setiawan.
Gen Kanai welcomes Mozillian to MozCamp 2011. Photo by Rara.

Saya bertemu dengan banyak orang, salah satunya Mary Colvig dari Community Engagement, yang namanya sering saya lihat hanya via email dan mailing list reps-general :D Ada juga Jason Haas yang menjadi host untuk video Contributor Engagement setiap minggu di youtube :)

Dengan Mary Colvig, berfoto dengan si rubah api. Photo by Yofie Setiawan.
Mendengarkan Gen Kanai membuka acara MozCamp Asia 2011. Photo by Yofie Setiawan.

Acara Welcome Party berlangsung hingga pukul 9 malam, lalu masing2 kembali ke kamar. Tim dari Indonesia, menyempatkan diri mengitari blok di depan hotel, sekedar meluruskan kaki sambil foto-foto :D pukul 11 malam semua pun kembali ke hotel, dan tidur untuk mempersiapkan tight schedule keesokan harinya.

Jalan Ampang. Photo by Rara.
Sebelum nyeberang jalan. Photo by Rara.

To be continue ke postingan berikutnya ^__^

11 thoughts on “#MozCamp2011 Asia dan Kuala Lumpur – Day 1”

  1. Temen gue ini memang awesome deh aktivitasnya pokoknya #jago deh kalau boleh dibilang begitu (kedipin rara), semoga sehat dan sukses selalu ya Ra… biar bisa terus kreatif dan maju untuk mencapai semua keinginan dan impian. Bravo sis!!!!

Leave a Reply