Lost in Bandung

Setelah beberapa hari di Bandung, saya punya satu kesimpulan mutlak. Jalur angkot di Bandung ribet sekali!!! *pingsan* eh betulan lho! Makanya ndak heran kalau banyak yang pake kendaraan pribadi di Bandung, entah pake mobil atau pake motor. Kayaknya ribet karena banyak jalan-jalan di Bandung yang searah, makanya angkotnya harus muter ke mana-mana dulu. Hhh.. kayaknya masih enak di Makassar angkotnya. Ketahuan jelas arahnya ke mana saja, dan kalau salah angkot tinggal ngambil jurusan sebaliknya. Kalau di Bandung dan salah angkot? Kamu harus pasrah sama keadaan dan bertanya kepada sesama penumpang, nekat turun dan coba ambil angkot lain, atau menelpon orang yang dikenal di Bandung.

IMG00659.jpg

Foto di atas diambil di atas angkot Caheum – Ciroyom, on the way dari RS Hasan Sadikin ke Dipati Ukur. Ya, angkot jurusan Caheum – Ciroyom lho *summon wesli* hehehe. Eh, perhatiin nggak, ternyata di kaca belakang itu ada mukanya Dede Yusuf haha :D saya nggak nyangka. Baru ngeh ketika upload foto ini ke sini.

Eniwei, masih ngomongin tentang transportasi umum di Bandung, hati-hati kalau naik taksi. Banyak yang suka argo tembak, alias ndak pake argo. Tarifnya di-“tembak” sekenanya saja, dan biasa malah lebih mahal daripada pake argo. Taksi-taksinya juga banyak yang ndak jelas. Cuma dua yang bisa direkomendasi dan menggunakan argo. Taksi blue bird dan taksi G R. Taksi Putra juga ada di sini sih tapi jarang ditemukan.

Kembali ke masalah angkot.
Ceritanya saya dari Dipati Ukur, mau ke Cisitu Indah no 8 (ya ya kantornya Qwords.com haha). Janjian ama Rendy untuk lihat kostan di daerah situ. Tapi pas waktu janjian, ternyata si Rendy harus ngider “jualan” dulu. Jaaah.. kepaksa saya harus improvisasi deh naik angkotnya hahahah.. Sama Rendy direkomendasiin untuk menelpon Yuli (kayaknya staff Qwords) untuk minta dipandu jalur angkot dari Dipati Ukur ke Cisitu.

Dan terjadilah percakapan sebagai berikut:
Dialing 02270417xxx..
“Halo?”
“Err, bisa bicara dengan mbak Yuli?”
“Iya saya sendiri.” Diujung sana terdengar heran.
“Saya Rara, temannya Rendy. Saya dikasih tau Rendy untuk nelpon mbak Yuli. Minta dipandu ke Qwords. Posisi saya sekarang di Dipati Ukur.”
“Oh, naik angkot Caheum Ciroyom, mbak.”
“Lalu?”
“Naik angkot itu sampai Sumur Bandung.”
“Hah? Semur?” gubrak, itu kan makanan hihihi.
“Sumur Bandung, mbak, bukan semur.
“Ah oke, kasih tau supirnya bilang Sumur Bandung dia tau kan?”
“Iya. Sampai Sumur Bandung, mbak turun ganti angkot warna ungu jurusan Cisitu.”
“Trus?”
“Trus nanti dibawa ke sini. Depan rumah warna orange.”
“Qwords itu sebelah kiri atau kanan jalan?”
“Ha?”
“Ngg.. never mind. Oke nanti kalau saya bingung di tengah jalan, saya nelpon lagi ke mbak Yuli yaa.. Makasih, mbak”
Call ended.

Dan saya pun naik angkot Caheum – Ciroyom sambil nanya “Sumur Bandung?” *dalam hati pengen bilang semur bandeng hahaha*. Setelah McD Dago, si supir nanya, “Sumur Bandungnya di mana, neng?”. Saya jawab aja tolong turunin di tempat ngambil angkot yang ke Cisitu. Ya udah akhirnya saya diturunin depan Kafe Halaman.
Tidak lama menunggu, ada angkot ungu dengan tulisan “Cisitu”, saya naik aja. Trus sms si Rendy, ngabarin kalau saya sudah naik angkot warna ungu arah Cisitu. Rendy ngingetin lagi, turunnya nanti depan pondok Orange. Ok deh!

Setelah 5 menit saya jadi ragu apakah saya mengambil angkot yang benar. Masalahnya kok saya berada di jalan Cihampelas? Nah lho! Saya perhatikan lagi, lho kok ada tulisan Cihampelas Walk alias CiWalk?? Waduh jangan2 saya salah! Akhirnya kirim sms lagi ke Rendy.
“Eh angkotnya emang lewat cihampelas ya? *bingung* tadi gw naiknya dari sumur bandung depan kafe halaman itu.”
“Salah naek, harusnya di depan cibiuk. Yg ke arah cisitu.”
“Wadow! Huaa pantes mbingungin. Trus gw harus ke mana neh??”
“Minta ma supirnya ntar di wastukencana, di switch ke yang kearah cisitu.”
“Wastu kencana, stdi?”
“Tanya ma supir.”

Ya ya ya. Wastu kencana, seems familiar. Untungnya beberapa waktu lalu, sempat berkelana dekat Novotel, jadi jalan itu agak familiar untukku. Saya turun saja di situ. Lalu kebingungan hahaha. Akhirnya nelpon lagi mbak Yuli di Qwords *ga enak ngrecokin Rendy via sms lagi* hehehehe.. Di telepon mbak Yuli menjelaskan lagi kalau saya naik lagi angkot ungu tapi di jalur sebelah kanan (angkot ungu yg dari cihampelas tadi masuknya ke jalur kiri), dan harus ingat, tanya pada supir “Cisitu?”. Heheheh..

Oke deh!
Singkat kata, akhirnya saya nyampe juga dengan selamat. Phew!

Ini sedikit trayek yang masih mampir dalam ingatan.

Dari Dipati Ukur ke RS Hasan Sadikin:
Naik Caheum – Ciroyom, yang ke arah simpang Dago. Langsung turun depan RS Hasan Sadikin.
Tips: kalau baru pertama kali, minta sama supir tolong turunin di situ hehe, pasti diingetin pas nyampe.

Dari Dipati Ukur ke CiWalk:
Naik Caheum – Ciroyom, turun depan CiWalk

Dari Dipati Ukur ke Dago:
Naik Caheum – Ciroyom ke arah simpang Dago, turun di Circle K, trus naik angkot Dago sesuai dengan keinginanmu, mau ke Dago Atas atau ke Dago Bawah.

Dari Dipati Ukur ke BIP:
Naik Caheum Ciroyom ke arah simpang Dago, turun di Circle K. Depan Circle K (jangan nyeberang), ambil angkot Dago ke arah kiri.

Dari Wastu Kencana ke BEC:
Naik Kalapa – Ledeng depan STDI.

Dari BEC ke BIP:
Nggak usah naik angkot :D tinggal jalan ke Gramedia depan BEC, jalan terus ke depan. Pas nemu jalan raya lagi, depannya itu sudah BIP. Hehehehe..

Yah segitu aja dulu deh :D :D hehehe..
Moga-moga saya bisa ingat jalur angkot lebih banyak lagi daripada ini :D

Related posts :

31 thoughts on “Lost in Bandung”

  1. hehehe….
    ada lucunya… ada pula kekhawatiran pada diri. bisakah saya berkeliaran di bandung?

    pokoknya thanks menuruk_ku ini masukkan dan tak taulah yang lain….

  2. bandung memang kota rumit…hehe
    dahulunya hanya diperuntukkan sbg tempat bertetirah saja, bukan utk dijadikan kota pusat pemerintahan, apalagi kota niaga…hehehe

  3. *bebek goreng*

    Angkot ungu yg lwt depan qwords yach?
    itu sa pernah mau photo brg wkt ke bdg, cuma nda sempat. :D

    hebat memang tong ini bu rt…hapal trayek angkot.:D
    siap-siap supir angkot di bdg dapat saingan baru.

    Here we Go…!!! Rara Supir Pete2 AM in the house!!

  4. Ah ini sih dikerjain ma Mas Rendy.
    Soalnya biasanya cukup kasih tau supir angkot,” Tolong antar ke qwords.com Kang”.
    Ato telpon ke Mas Rendy, kasih Hpnya ke supir angkot.

    Lagian kesasar begini sih biasa. Yang luar- biasa tuh,sekali waktu lagi naik angkot jurusan Dago, tiba2 si supir- angkot yang nanya ma penumpang,” Bang, mau ke jalan Dago kemana Bang arahnya?”. ??????
    Eh taunya si supir baru sehari di Bandung.

    Ada peta Bandung(mulai Rp.15.000,-.di Gramedia), dalam CD, ada peta jalur Angkotnya lengkap. Bisa juga trial gratis. Bisa di unduh di http://www.jjdbsoftware.com/

  5. saya baru beberapa kali ke Bandung, tapi sudah bisa menilai kalau jalur angkot di Bandung memang rumit…soalnya jalannya banyak yg satu arah sih ya ?, jd klo mau balik musti mutar jauh…

    tapi kayaknya kalo sudah biasa nantinya juga terasa mudah..abis bu RT kan sudah terbiasa jadi supir, jadi yaa…kalo cuman ky gitu sih cemen..!!!

    ya ndak..?

  6. huwaaa..jd inget ka’ bandung. :(, lamanya mo nd ke sana, tp emg Ra..emg ribet dunia perangkotan di bandung, ampe skrg..tidak ada satupun rute yg sy bener2 hapal. Smua bermodalkan “malu bertanya sesat di jalan”. Hehehe..

  7. monera: nah itu, butuh kesabaran dan kesabaran serta kesabaran dalam memperhatikan jalur angkot. wahahaha..

    dgrusle: iyah, saya juga setuju dengan pernyataan ta. Bandung lebih cocok sebagai kota peristirahatan neh :) adem..

    Ina: haha iya sekarang pete2 ungu yg bikin sakit mata itu berada di mana-mana.. *minusku nambah dah :D

    nhie: beh.. apa bede\’? :D

    anbhar: I wish ada trayek yang tetap2 saja :( kayaknya di Makassar nggak pernah berubah ya trayeknya :D

    Putra: hahahaha.. salam kenal juga yak :>

    syamsoe: wei maksudmu???

    aki herry: makasih ki, atas usul dirimu saya sekarang sudah memiliki rute angkot walau masih agak ribet krn harus buka laptop dan menghapal dulu hahaha.. mantep dah!

  8. Ksian mbak ira, di ping pong sana sini.. heheuu.. :D
    Saya meski orang bandung aseli tapi teteup aja nggak hapal semua nama2 jalan di bandung.

    Erm,, Emang iya sih,, angkot di bandung mah pabaliut. Sy pernah ngalamin kyk mbak di atas, tp saya ud terbiasa da nanya2 sm orang di jalan. jd kdg2 nyasar kdg2 nggak.. tp syukur skg mah kebanyakan nggaknya. ;)

    Doh,,, itu nama taksihnya jgn disingkat dong, mbak… kan inisial sy pny tuh… biar kesan negatifnya nggak nular sm sy. :D *duh jd malu punya taksi kyk gitu*

  9. Hihi, d Bandung ga pernah ngangkot. Cm duduk manis di mobil temen aja dah pusing liat jalannya. Kayaknya mending angkutan umum jakarta deh..

    Pindah ke Bandung,mbak?

  10. itu eh…Anu…angkot di bandung ribet non

    hehehheheh…..padahal sy ndak pernah ke bandung…kota yang berada di pulau jawa yg ndak pernah sy pergii cuman bandung

    rara…ikuuut ke bandung :D

  11. makanya nek taksi blue bird saja.. biar nda ribet..
    dulu sy sempat hidup di bandung sekitar 1.5 tahun.. tapi di daerah dayeuh kolot.. kalo mo ke BIP harus nek angkot 3 kali. sampe lapar ka di jalan… :) makanya selama tinggal di sana, jarang ka keluar2.. habis diangkot uang ta’ kodonk.. secara dulu masih mahasiswa.. merantau lagi…!!

  12. saya malah pernah terdampar di bandung jam 2 malam. tanpa tujuan jelas. tmn yang awalnya pengen jemput, gak jadi jemput. dingin banget..
    tapi aseli, bandung sumpek.. lalulintasnya kacau..
    lebih enak jogja.. hehehe..
    visit jogja..

  13. wi, jadi ingatka’ waktu saya kesasar di Bandung, waktu itu tahun ketiga saya di Bandung (bayangkan, tahun ketiga bo’), sama ama eryk n deen, tinggalnya di dayeuhkolot (bandung coret). waktu itu saya sudah mo bikin skripsi untuk D3 ku, saya mau beli komponen elektronika di Jaya Plaza (biasanya saya kalo pergi2 naik motor bareng tmanku, barusanku ini naik angkot jauh-jauh sendiri), pas pergi gampang berkat petunjuk dari temanku orang pekanbaru yg doyang jokka di bdg, nah pas pulang………, malu-malu ma’ nanya jadi berdasarkan analisa saya naik angkot antapani ciroyom krna ada rumahnya tmanku di antapani trus kalo angkot yg ada ciroyomnya lewatki pasar kordon (cicaheum ciroyom), dan ternyata eh ternyata, angkotnya ke antapani, untung ku kenalji antapani dan pernahja’ naik angkot dari sana ke dayeuhkolot, spek-spekma saja ke terminal, habis itu ambil angkot yg lain buat balik….., tapi skarang, kukenalmi Bandung. adami daftar jalur angkotku, trus adami peta bandungku, hehehehehe
    @ eryk
    we eryk, 30.000 mi skarang naik taksi ke BIP
    @ deen
    kasianmu itu umar, singkamajaki’ hehehe

  14. Wah pernah juga tuh saya explorasi kota kembang pake angkot…stelah mengikuti jalur angkot di web…rada gak pede juga pake nanya2…toh diembat saja…jenis angkotnya…yang penting ingat jalan…ingat peta,,,wah wah bru sadar klo ternyata buat ke t4 tujuan tsb gak usah pke angkot…cukup jalan kaki satu blok…

  15. aduh ternyata rumit padahal aku jg mau ke bandung tp naik motor dalam waktu dekat ini takut kesasar tp nekat aja deh

Leave a Reply