Kebutuhan Primer Para Netizen

Kebutuhan primer adalah kebutuhan pokok (primer) yang dibutuhkan oleh manusia. Kebutuhan manusia yang terus meningkat menyebabkan ilmu pengetahuan dan teknologi juga semakin meningkat. Dan seperti yang kita ketahui bersama, kebutuhan pokok manusia adalah sandang, pangan dan papan.

Jaman sekarang, kebutuhan primer bukanlah hanya sekedar sandang – pangan – papan. Tetapi sudah berkembang menjadi 5 kebutuhan, yaitu: sandang – pangan – papan – bandwith – perangkat komunikasi seluler. Ide ini muncul dari obrolan ga penting saat kumpul-kumpul bareng teman-teman ID-GMAIL di kawinan NugiGolda 2 hari yang lalu.

internetdog

Benar juga sih, hari gini, terutama dengan meningkatnya kebutuhan penggunaan internet, maraknya social media di mana-mana, ga punya bandwith yang cukup? Heuh, rasanya kayak kembali ke jaman batu :D hehehe.. Saya sendiri, pasti menenteng macbook white tercinta saya ke mana-mana, lengkap dengan modem broadband. Jadi bisa online kapan saja, di mana saja, yang penting ada colokan dan jaringan operator yang simcard-nya ada di dalam modem saya :) Bahkan saat “dibuang” untuk “tugas negara” di pulau terpencil nun jauh itu pun, saya tetap nekat membawa modem saya, dengan harapan tetap bisa terkoneksi internet. Walaupun akhirnya harus nongkrong di bawah BTS demi koneksi yang proper. Wakakakak :D

Ngomong-ngomong tentang bandwith, beberapa waktu yang lalu Telkomsel bersama mitra menggelar uji coba teknologi Long Term Evolution (LTE) pertama di Indonesia. Menurut Telkomsel, hal ini merupakan bukti bahwa Telkomsel serius dan selalu siap memandu industri telekomunikasi selular menghadapi perkembangan evolusi teknologi terkini.

Wait a minute, apa? LTE? Makhluk macam apa pula itu? Hehehehe.. Gini lho, selama ini sebagian dari kita pasti udah pernah denger yang namanya GPRS, EDGE, 3G, HSPA, HSDPA. Iya nggak? Nah LTE ini sesuatu yang lebih canggih lagi dari sekadar 3G atau HSDPA :) Konon kabarnya, si LTE dapat memungkinkan mengakses data di dunia maya dengan kecepatan hingga 172 Mbps.

Hmmm, seperti mimpi ya? Buka blog ini hanya dalam satu pejaman mata, download2 film yang 720p bahkan 1080p tanpa khawatir soal koneksi, dll dst.

Jadi kapan kira-kira ada koneksi seperti itu? Hihihi.. saat ini sih LTE masih dalam tahapan riset uji coba dan masih ingin menggali lebih jauh mengenai performa dan fungsi dasar dari teknologi LTE. Untuk LTE Trial outdoor, direncanakan mulai dilakukan pada bulan Juni 2010 dengan lokasi di Garut Jawa Barat. Peluncuran layanan LTE secara komersial akan sangat bergantung kepada strategi dari masing-masing operator. Yah kita tunggu saja deh gebrakannya :D mau tau lebih lanjut tentang LTE, bisa intip di sini :)

Seandainya LTE benar-benar dapat dinikmati oleh para netizen di Indonsia, para gamers di Indonesia pasti akan suka dengan adanya LTE ini. Bayangkan, bisa main online game tanpa putus-putus! :D Juga para orangtua yang tinggal jauh dari anaknya karena alasan pekerjaan, seperti Deden, TubBlub, Indra, mereka bisa melepas rindu via video conference tanpa putus-putus atau buffering melulu :D

Oh iya, masih tentang Telkomsel tadi, kalian pernah notis ga, di Plaza Semanggi lantai 2 sekarang ada Vending Machine yang unik. Telkomsel bekerjasama dengan Coca Cola juga melakukan uji coba berbasis layanan berupa vending machine yang transaksinya terhubung dengan mobile payment Telkomsel.
Jadi, kalau punya nomer ponsel dengan operator Telkomsel, kita dapat menggunakan ponsel untuk membeli produk Coca Cola yang diinginkan. Pembayaran dilakukan dengan pemotongan pulsa. Caranya mudah banget. Hanya dengan menekan *878*(nomermesin)#, lalu akan masuk notifikasi apakah kita setuju atau tidak. Pilih pilihan setuju, tidak lama akan muncul notifikasi di layar vending machine bahwa kita sudah bisa memilih minuman yang kita inginkan. Pulsa terpotong Rp 6.000,- untuk setiap minuman yang ada. Tekan pilihan minuman yang diinginkan, dalam 2 detik minuman yang tadinya ada di dalam vending machine sudah dapat kita nikmati :D
Mmmm, cocok banget kalau lagi ga bawa uang cash dan kehausan :P tapi… pulsanya harus cukup yaaa :D hehehe..

18 thoughts on “Kebutuhan Primer Para Netizen”

  1. wahh…makin canggih aja nih, asik tuh, tapi bagaimana nanti masa depan warnet tuh?, apa masih bisa bertahan jika saja teknologi itu semua jadi murah dan terjangkau, Tapi sepertinya kalau di negeri ini masih berpuluh2 tahun.

    Ok deh, tulisan yang oke banget, menambah wawasan. mudah2han segera terwujud koneksi yg cepat. wussss…..asik enak tenang…::))

  2. eh mesinnya mantab, keren kali ya how they find their way to sell some product…

    hehe, aku juga berharap banget tuh ama teknologi berbau kecepatan akses…
    mak wush……..

    tapi yang perlu disadari, kalo kecepatan juga pasti diimbangi dengan kenaikan uang yang musti di bayar…(ini bagian terberatnya…sick of it,hiks) tapi boleh lah biar memotivasi buat online dengan bijak…

  3. mba rara salam kenal yah….. kita ketemu d acara pesta blogger d epicentrum…. wahh yang saya dengarr mba rara ini adalah seorang okter gigi,,,, tapi yang saya lihat d blog mba adalah lebih hebat dari dokter gigi nih…mantab,….. terus berikan kontribusi yang baik ke masyarakat ya mba…^_^

  4. Sudah lumayan lama kebutuhan ke-5 itu diluncurkan. Yang jadi masalah sekarang adalah marilah kita memanfaatkan kebutuhan ke-lima itu jadi lebih bermanfaat…..membawa pengetahuan, membawa pengalaman, berkah dan yg tdk kalah penting menambah rezki…… tdk sekedar menghabiskan bandwith dan umur didepan dunia maya…… Sukses blogger makassar……kota kita tercinta………

  5. hehehhe…segitunya sampe dibawah tower…
    tambelan kan masih gprs speed 2-3 kBps.makanya lemot..
    tapi saya ga sampelah main dibawah bts telkomsel.
    wkwkwkwkwkwk

Leave a Reply