Kaleidoskop 2006-2007

kaleidoscopeYa ya, saya tahu ini telat.. Telat 12 hari! Saatnya untuk beli test pack! *halah emang apaan???* :D :D
Kaleidoskop kok ada tanggalnya ya? Kan kaleidoskop itu sebenarnya benda yang berbentuk tabung, trus di ujung tabungnya itu ada kaca dan pernak pernik yang warna warni. Kemudian cara pakenya itu dilihat ke arah cahaya, lalu diputar-putar, biar cermin dan pernak pernik tadi juga berputar-putar, dan menghasilkan gambar-gambar abstrak yang cantik-cantik :)
Loh trus apa hubungannya ama tahun 2007? Ya kan gambar-gambar abstrak tersebut merupakan hasil refleksi dari kaca. Jadi kalau dibahasakan untuk hal-hal dalam kehidupan, kaleidoskop itu bisa merupakan refleksi kehidupan. Dan karena gambar2 pada kaleidoskop itu cantik-cantik, jadi yang direfleksikan itu yang cantik-cantik dan bagus-bagus. Bukan yang jelek-jelek dan buruk-buruk.
Pemahaman saya sih seperti itu… :p

Posting ini merupakan balasan pe-er dari Daeng Rusle yang sangat tertunda. Hingga 12 hari tertunda. Memalukan!! MALU KAMU! MALU!

Tapi sebenarnya hal-hal yang paling banyak itu di tahun 2006 :) jadi saya mulainya dari tahun 2006 aja ya.. Ga pa pa kan? Itung-itung memang tahun lalu saya belum sempat bikin kaleidoskop 2006 waktu awal tahun :D malah mungkin nggak ngomongin tahun baru juga waktu itu. Kalau ga salah karena jaringan internet sempat terputus waktu itu karena gempa di Taiwan itu lho, jadi asli nggak bisa ngapa-ngapain :D

Ya udah, mulai aja ah :D
1. Mei 2006, penelitian saya yang berjudul PERCEIVED SOURCE OF STRESS IN CLINICAL DENTAL STUDENTS WITHIN A DENTAL EDUCATIONAL ENVIRONMENT (A View from the Years of Study) dimuat di Jurnal Kedokteran Gigi Indonesia untuk edisi bulan Mei 2006.

kover-TW.jpg2. Juli 2006, launching buku Teen World: ORTU Kenapa, Sih?. Sebuah buku non fiksi keroyokan dengan blogger-blogger lainnya yang tergabung dalam komunitas blogger terbesar di Indonesia, Blogfam.com. Buku ini berupa buku non fiksi yang berisi kisah-kisah nyata tentang hubungan orangtua dan anak pada saat remaja. Target pembaca buku ini yaitu orangtua maupun anak-anak remaja. Yah, semacam buku Chicken Soup for the Soul lah, tapi versi Indonesia :D Buku setebal 156 halaman ini diterbitkan oleh Penerbit Cinta yang merupakan anak penerbit dari Penerbit Mizan.

3. Agustus 2006, kumpulan blogger Makassar (waktu itu belum ada komunitasnya) berhasil “meratjoeni” 10 orang untuk nge-blog dalam pelatihan yang telah dilaksanakan di KSepuluhNet di Agustus 2006 ini. Pelatihan ini kerjasama dengan komunitas blogger Blogfam.com dan warnet KSepuluhNet itu sendiri. Tentang pelatihannya bisa di lihat di posting saya yang ini.

RuangRupa4. September 2006, saya diundang oleh Ruangrupa, sebuah organisasi seni rupa yang didirikan oleh seniman-seniman muda yang tinggal & bekerja di Jakarta. Organisasi seni ini konon menemukan saya karena tulisan saya tentang Karebosi di Panyingkul!. Waktu itu ada 3 seniman yang diundang, termasuk saya. Terdiri dari fotografer (Sebastian Friedman – dari Argentina), video editor (Ari Dina K – dari Jakarta), dan saya datang sebagai penulis. Kami yang bertiga ini nantinya juga akan tinggal dan bekerja di Ruangrupa selama project berlangsung. Di akhir project yaitu tanggal 23 September akan dilakukan presentasi project berupa pameran dan diskusi. Pameran akan berlangsung dari tanggal pembukaan 23 September sampai penutupan tanggal 30 September bertempat di Ruangrupa. Oh iya, project yang kami lakukan itu temanya tentang Public Holiday. Dengan keahlian masing-masing, kami diharapkan untuk menggambarkan apa yang dilakukan orang-orang Jakarta pada hari libur. Karena Ruangrupa ini juga, saya jadi bisa ke Pasar Seni 2006 di ITB, Bandung. Menghadiri perhelatan seni akbar yang hanya digelar 5 tahun sekali itu merupakan hal yang sangat luar biasa untuk saya. Cerita saya dan Ruangrupa bisa diintip di sini, di sini, dan di sini.

cyprus5. Oktober 2006, salah satu hal yang sangat ingin saya wujudkan terjadi di bulan ini. Selama ini kalau travelling, masih di seputaran asia. Walau bahasanya sudah lain, tapi bentuk muka, warna rambut, dan suasana masih sangat familiar, karena masih sama-sama di benua Asia juga. Di bulan ini saya mendapat kesempatan untuk travelling ke luar dari benua Asia! Ke Cyprus! Dan sempat transit di Dubai waktu pergi pulangnya, serta Srilanka waktu dalam perjalanan pulang. Di Cyprus saya bertemu dengan banyak orang, terutama dengan orang-orang yang berasal dari daerah Timur Tengah dari Afrika, maupun Yunani. Ketemu sama orang-orang dari Mesir, Etopia, Sudan, Kuwait, Damaskus, Palestina, dll. Bertukar pikiran dan saling sharing satu sama lain. Dan akhirnya membuka mata saya untuk hal-hal yang sebenarnya. Akhirnya saya mengerti tentang konflik di timur tengah itu, cerita yang sebenarnya, hehehe.. Cerita tentang perjalanan saya ke Cyprus dan di Cyprus, bisa dilihat di sini dan di sini.

blog AM6. Nopember 2006, launching Komunitas Blogger Makassar Angingmammiri.org. Tepatnya pada tanggal 25 Nopember 2006, di Cafe Baca Biblioholic, Jl. Perintis Kemerdekaan Km 9 no 76 – Tamalanrea, Makassar. Launching tersebut diawali dengan pemutaran film “The Perfect Man”, kemudian diikuti dengan Peluncuran Situs Komunitas Blogger Makassar Angingmammiri.org, dan diskusi tentang komunitas Blogger Makassar yang dipandu oleh Aan Mansyur dan Jimpe. Acara yang sederhana ini diikuti oleh 35 orang blogger.

7. Juli 2007 dan Nopember 2007. Komunitas Blogger Makassar Angingmammiri.org menggelar dua buah acara yang besar di tahun 2007 kemarin. Bulan Juli 2007, acara Bincang IT dan Blog: BLOG FOR LIFE dan pada bulan Nopember 2007, acara Talkshow Blog: VOICE OF FREEDOM dalam rangka ulangtahun Komunitas Blogger Makassar yang pertama. Kedua acara tersebut cukup besar, dan cukup untuk mengenalkan kepada seluruh masyarakat tentang BLOG dan Komunitas Blogger Makassar tentunya.

8. Desember 2007, saya resmi mempunyai gelar DRG. Akhirnya selesai juga setelah bertahun-tahun “terikat” dengan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin, Makassar. Tanggal 18 Desember 2007 telah dilaksanakan pengambilan sumpah jabatan Dokter Gigi, dan tanggal 28 Desember 2007 yang lalu telah “diselesaikan” secara universitas pada acara Wisuda Pasca Sarjana dan Profesi Universitas Hasanuddin. Cerita tentang ini dapat dilihat di sini.

*pheww* lap keringat dulu..

Demikian kaleidoskop 2006 – 2007, saya selesaikan dengan seksama dalam tempo yang benar-benar tidak singkat :D Buat daengrusle, selesai ma PRku!!! Hehehehe..

Related posts :

22 thoughts on “Kaleidoskop 2006-2007”

  1. wetz…tawwa masih di buat. hehehhehehe

    kaleidoskopnya…suit…suit…

    apa coba??

    *keycode tikus* lagi2 dapat tikus na tau na kalau sy Tinggi dan kurus :P

  2. Makanya lain kali jangan suka numpung PR. untung yg kasih PR nda galak ji. *lirik2 dg.rusle.

    kaleidoskop yg cukup panjang. :D

    *capek scroll2

  3. Dg nuntung: hehehe cyprus, suatu negara yang penuh dengan sejarah :)

    Anhie: halah ini anak, niat komen ndak sih hahaha :D

    Dg rusle: waks, guru datang!! Bagus ji pe-erku toh? Dapat berapa ka? :p

    Ina: ah kau, jangan-jangan speed reading ja ko kekekeke.. :D

  4. made: hahaha belum praktek neh.. ruang konsul di blog? iya saya lagi mikirin juga ;)

    adink: yah soalnya tahun 2007, tahun konsen ke klinik.. tidak banyak yang bisa dicapai :D

  5. yah tiap orang tingkat kesiapannya beda-beda dalam memasuki pernikahan. :)
    Tapi, kata papaku, kalo terus-terusan bilang ga siap, ga akan pernah siap. Jadi ya mesti disiap2in kalo waktunya tiba. Hehehe… terus terang waktu itu aku sama sekali ga mikir I’ll be married by then, things just flow the way God wants it to be.
    So, just flow :)

  6. ternyata ibu’ yang satu ini full activity juga ya…
    semoga setiap wanita di dunia bisa seperti ini…
    dan mengisi banyak kegiatan positif tanpa harus membuang waktu untuk ngegosip yang gak jelas…

  7. sherly: ya gimana ya.. mungkin belum saatnya kali hehehe jadi saya go with the flow aja, ga mau maksain pada saat saya belum sepenuhnya merasa siap.. *hayah*

    arul: hahaha boleh boleh, kalau sakit ke saya saja, tapi apa nggak kejauhan? hihihi..

    aroengbinang: makasih, bos! semoga wish yg satu itu terkabul :D

    imcw: hehehe itu yang berbau itu.. err.. *kaburr*

    pandi: wakakaka gantian disepam! tolong!!

    arya: makasih :D dan salam kenal juga :)

    nhie: saran apa coba? :-?

    ridhocyber: hahaha biar full activity, tapi gosip juga jalan dong :D wanita memang sepertinya sudah identik dengan menggosip :-”

    macangadungan: yup! dapat gelar DRG yg paling berkesan, dah ditunggu sejak lama sih :D sampai sempat dibawa stress :D

Leave a Reply