Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2008

no smokingSetiap tanggal 31 Mei kita memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia atau the World No Tobacco Day dalam bahasa londonya :D
Bahaya merokok itu sudah sejak lama dikumandangkan di segala penjuru. Dari bahan apa saja yang masuk di tubuh kita, sampai efek-efeknya yang betul-betul membawa kita kepada ajal lebih cepat. Tapi tetap saja ada yang terus-terus menikmati surga nikotin itu. Surga yang memabukkan sekaligus mematikan.
Lebih parah lagi, bahaya merokok itu bukan hanya membahayakan si perokok itu sendiri, tetapi juga membahayakan orang-orang yang tidak merokok di sekitar perokok tersebut. Dan kadang-kadang para perokok itu cuek. Sudah disediain ruang khusus merokok, malah seenaknya merokok di luar. Sudah tau ada wanita hamil atau anak-anak di sekeliling, malah tetap saja merokok.

Dalam memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2008 ini, WHO (World Health Organization) mendesak anggotanya untuk melarang secara total iklan rokok. Hal ini disebabkan sebab WHO resah melihat banyaknya perokok yang berusia masih belasan tahun, bahkan anak-anak pun ada yang sudah berani ikut coba-coba merokok. Kalau dipikir-pikir benar juga sih, justru industri rokok yang memberikan sponsor besar-besaran untuk acara-acara yang digelar oleh anak-anak muda, misalnya konser musik, pesta seni, dll. Dan secara otomatis kalau industri rokok mensponsori acara, pastilah ada acara bagi-bagi rokok gratis. :D

Dari penelitian WHO yang terbaru, 2/3 perokok dunia hidup di 10 negara. Negara itu adalah China (sekitar 30% dari total perokok dunia), India (10% dari total perokok dunia), Indonesia, Rusia, Amerika Serikat, Jepang, Bangladesh, Jerman, dan Turki. Hehehe ada Indonesia lho di daftar 10 negara tersebut.

Dan blog ini, mendukung Hari Tanpa Tembakau Sedunia :)
Kalau kamu juga peduli, posting di blog masing-masing, yuk!

Postingan saya tahun lalu dan 2 tahun lalu:
100% Bebas Asap Rokok
TEMBAKAU: Berbahaya Dalam Bentuk Apapun!!

Posting terkait:
Berhentilah Merokok, Sayang!
Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2008
HARI TANPA TEMBAKAU SEDUNIA
Hari Anti Tembakau Sedunia
Hari Anti Tembakau Se-Dunia 31 Mei
Hari Anti Tembakau
Catatan Hari Bebas Tembakau Sedunia

Related posts :

21 thoughts on “Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2008”

  1. Na: baguslah kalau kamu mendukung.. Dunia tanpa asap rokok adalah salah satu cara mencegah global warming hehe.. Tapi kenapa sama dgn tgl ultahmu yaks? Kekeke..

    Mamie: nah lho.. Harus ada cara, pasti.

    Hakimtea: ah ikut2an aja kamu :D

  2. Boleh deh… Dengan senang hati. Sy juga minta ijin tukar posting jadi bisa saling mendukung. Salam kenal.

    ##########################################################
    2 rara

    hidup dunia bebas asap rokok!
    saya ijin link postingan ini yak :)

  3. setuju skali kalo dunia tanpa asap rokok. kalo bisa jangan cuman sehari, tapi everyday. soalnya kita-kita yang nda’ merokok jadi korbannya. kenyamanan menghirup udara bebas terenggut oleh mereka-mereka yang dengan sengaja mengepulkan asap-asap rokok mereka ditempat umum.

    kadangkala kalo di t4 tunggu bandara, sering skali saya liat orang merokok. padahal tulisan NO SMOKING ukurannya lebih besar dari pada tulisan Gate 1 sampe Gate 8. tapi tetap saja dilanggar. budaya yang tidak mendidik. budaya yang mendarah daging di masyarakat Indonesia..
    orang kita itu, semakin dilarang, semakin mencoba..

    yaaa… gitu deh….

  4. susah banget emang nyuruh orang berhenti ngeroko… adaaaaaaaa aja alesannya!!! cape deh yah… ibu ini yang tadi sempet mampir di taman maluku yah kalau tidak salah> ta sempat berkenalan kita…

  5. Rapling: makasih yah udah berkunjung :)

    Eryk: itulah.. mungkin perlu hukum yang kuat. tapi bagaimana juga, biar dikasih denda, petugasnya saja bisa disogok *sigh*

    natazya: heuheuheu.. eh iya saya sempat mampir di taman maluku lalu ke TBI.. Tapi cepet pulang :P

  6. Ah, andaikan peringatan hari anti tembako ini dilakukan tiap hari…

    Eh eh.. mbak rara tadi siang kliatan cantik sekaliii…

    heu heu… :D

    *sampe spikles, ketauan deh curi-curi pandang*

    hya hya hya… :))

  7. gw mah lebih ngedukung biar peredaran rokok sekalian aja di larang di seluruh dunia! soalnya kalo masih boleh beredar, ya gw masih bisa beli, dan gw bakal terus ngerokok. hehehe. btw, liat blogrollnya jadi inget masa lalu… banyak yang udah gak aktif tuh, sebagian udah ganti alamat. hehe

  8. stop merokok……

    percuma aja kampanye antirokok, soalnya dikalah sm kampanye lawannya. Iklan rokok dimana”, dijalan, di tv, di acara olahraga. Pajak rokok sangat rendah, jd rokoknya murah, coba klo rokok dimahalin, cuma buat org” tajir, yaa, setidaknya kan bisa ngurangi org ngerokok.

    stop merokok…
    indonesia sehat 2010

  9. GiE: err cantik? beneran? ah lu salah lihat kali :D

    ichank: hihihi susah kali mo larang rokok.. banyak yg demo pasti :D

    ichal: betul, kalau rokok mahal maka sedikit yg beli rokok. tapi apa ngga bakal di demo lagi :D

  10. setuju…qta dukung kampanya anti tembakau, qta harus care ama lingkungan saat ini…musim hujan di indonesia saat ini sudah tdk bisa diprediksi lagi, dulu kata buku geografi antara oktober – april, but kenyataannya hujan bisa turun setiap saat, bahkan menjadi badai….so selamatkan bumi ini!!!

Leave a Reply