Hari Bumi

Hari Bumi? Emang bumi punya hari ya?
Dalam pelajaran IPA waktu sekolah dulu, ingat nggak, kalau disebutkan bahwa rotasi bumi itu adalah sebanyak 365 hari atau 1 tahun (366 hari per 4 tahun). Jadi, setiap tahun itu kita merayakan ulangtahun-nya Bumi tercinta yang kita pijak selama kita hidup ini.

Hari Bumi? Apa itu?
Banyak orang yang tidak tahu tentang Hari Bumi ini. Dan parahnya, buat mereka yang mengaku peduli sesama dan lingkungan, malah biasa melupakan adanya hari ini. Kalaupun nggak lupa, tanggapannya hanya santai saja, bahkan tidak mau tahu. Sedih deh.. :(

Jadi kenapa tanggal 22 April? Selengkapnya bisa baca di wikipedia ini tentang Earth Day Hari bumi yang jatuh setiap tanggal 22 April, mulai dirayakan jutaan orang di seluruh dunia sejak 1970.

bumi

Merayakan hari bumi, berarti memikirkan kelangsungan hidupnya, memikirkan bagaimana sumber daya bumi yang terbatas ini bisa menjamin kelangsungan hidup manusia. Sebelum kita berpikir hal-hal besar untuk menjaga kelangsungan hidup bumi, kita bisa memulainya dari hal kecil dan sederhana. Ingat kan sama Global Warming?

RECYCLE, REUSE, REPAIR, REDUCE
Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk sehari-hari yang besar artinya untuk keberlangsungan hidup bumi sebagai tempat tinggal kita.
– Ketika berbelanja gunakan seminimal mungkin kantong plastik sebagai tempat belanjaan kita. Lebih baik jika kita membawa kantong plastik atau kantong belanja sendiri dari rumah. Dengan mengurangi penggunaan plastik, berarti kita juga mengurangi sampah kemasan yang kita hasilkan.
– Untuk tempat yang mudah terjangkau, lebih sehat dan lebih baik jika kita menempuhnya dengan berjalan kaki. Selain tidak membutuhkan biaya dan menyehatkan badan, kebiasaan berjalan kaki juga membantu mengurangi penggunaan bahan bakar yang menyebabkan polusi udara dan eksploitasi sumber daya alam yang merusak lingkungan.
– Pisahkan sampah botol plastik bekas kemasan, kertas, botol kaca dalam kantong yang terpisah. Hal ini akan memudahkan pemulung mengambil sampah yang kita buang untuk di daur ulang.
– Gunakan dua sisi kertas/bolak-balik ketika mengeprint atau foto copy document. Dengan demikian, kita melakukan penghematan kertas yang berarti juga menghemat pohon yang harus di tebang untuk bahan baku kertas.

Kalau kalian punya tips-tips lain, berikan komentar di sini mengenai apa yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kelangsungan hidup bumi.
Selamat hari Bumi, bumiku sayang..
I love my Earth!

Related posts :

18 thoughts on “Hari Bumi”

  1. 1. Matikan alat-alat listrik yang tidak digunakan. Misalnya, matikan TV kalo gak ditonton, matikan lampu kalo gak ada orang di ruangan itu.

    2. Set tempratur AC jangan terlalu dingin, Heater jangan terlalu panas.

  2. satu lagi..
    kalo pake tissu jangan banyak2..ambillah tissu seperlunya, kalo perlu pake serbet aja…
    kasian kan, berapa banyak pohon yg musti ditebang cuma bwat bikin tissu..

  3. salam kenal…, saya juga lupa hari bumi, tapi saya juga bingung apa saya lupa ato memang tidak pernah tau??? he..he..tapi yg jelas saya tetap cinta kok sama bumi kita tercinta..bukan apa2 soal saya belum mau berada di bumi lain…………

  4. salam Lestari Untuk Bumi..

    Bumi semakin Tua bro…
    Liatlah dan hitunglah beNcana apa aja yang udah terjadi di tanah air kita sekaraNg…

    Jangan salahkan alam yang mulai Tua, tapi berkacalah pada diri kita sendiri kawan., berapa milyar watt listrik yang kita buang sia2, berapa banYak asap yang kita hasilkan tiap harinya, berapa baNyak sampah yaNg kita buaNg di tanah ini….

    sadarlah bersama kawan..Bumi ini perlu kita benahi…
    gak usah muluk2 deh…lakukan yang kau bisa lakukan agar bumi ini tetap lestari sampai anak cucu kita bisa menikamati udara segar, menikamati ikan yang besar, memetik buah yang sehat…

    mari renungkan dan lakukan bersama

Leave a Reply