Gerhana Matahari

Hari ini, tanggal 15 Januari 2010, katanya ada Gerhana Matahari. Kalau ga salah, kejadiannya sebelum jam 4 sore tadi. Saya juga baru nyadar waktu dengar di radio, lagi ribut-ribut mengeluh karena ga bisa lihat gerhana. Alasannya? Cuaca agak mendung hehehe. Sebenarnya kemarin sih udah ngobrol-ngobrol sama salah satu staff di rumah sakit tentang gerhana matahari ini, trus kelupaan, sampai akhirnya dengar ribut-ribut di radio tadi :D

Apa sih gerhana matahari itu? Menurut Wikipedia, gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara bumi dan matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya matahari. Gerhana matahari tidak dapat berlangsung melebihi 7 menit 40 detik. Ketika gerhana matahari, orang dilarang melihat ke arah Matahari dengan mata telanjang karena hal ini dapat merusakkan mata secara permanen dan mengakibatkan kebutaan.

Uniknya gerhana matahari tadi sore, durasinya melebihi teori di atas. Gerhana matahari hari ini merupakan salah satu gerhana matahari yang terlama, setelah gerhana matahari yang terjadi di tahun 1992. Menurut kompas.com, gerhana tadi sore terjadi selama 11 menit. Gerhana matahari yang selama ini, lebih dari 11 menit, baru akan kembali terjadi 1.033 tahun kemudian, tepatnya pada tahun 3043.

Menghadapi fenomena alam ini, banyak ritual-ritual serta kepercayaan-kepercayaan yang dianut oleh umat manusia di muka bumi ini. Saya jadi ingat waktu masih kecil, kalau ada gerhana matahari, ibu saya malah menyuruh saya masuk. Katanya ga baik. Padahal alasan sebenarnya, ga usah liat-liat gerhananya.. soalnya melihat langsung gerhana matahari dapat menyebabkan kebutaan. Kalau mau maksa lihat, ya harus “nonton” dari sebaskom air, atau pake kacamata khusus. Karena repot, maka disuruh masuk saja. Hihihi.. Ini saya tau setelah saya udah besar :P

Bagi masyarakat India, fenomana alam ini memiliki arti khusus untuk perbaikan kehidupan mereka. Menurut sistem kepercayaan yang dianut di sana, gerhana matahari bisa berdampak pada kesialan, meningkatnya kejahatan, dan situasi negara yang tidak aman. Guna menghalau segala kesialan tersebut, mereka pun menyambut datangnya gerhana dengan mengadakan ritual penyucian diri. Bahkan beberapa sekolah diliburkan dengan maksud agar anak-anak dapat terhindar dari musibah dan lebih fokus untuk berdoa kepada para dewa.

Buat yang beragama muslim, tadi dengar-dengar juga melakukan ritual shalat gerhana. Entah kayak apa pelaksanaannya, saya juga bingung :D

Setau saya, orang-orang Cina malah memukul genderang secara bertalu-talu saat terjadi gerhana. Eh ini pas gerhana bulan atau gerhana matahari ya? Katanya ada naga yang besar menelan benda langit itu, jadi mereka menabuh genderang sekeras mungkin supaya naganya takut, trus memuntahkan kembali benda langit yang ditelannya tadi. Nah ini agak rancu.. apakah gerhana bulan atau gerhana matahari ya? CMIIW yah :D :D

Eh, inget ga.. dulu ada juga sinetron eh serial laga (?) yang judulnya Gerhana. Yang main si Pierre Roland. Ntah itu jaman kapan ya? Masih jadi anak sekolahan atau pas udah kuliahan.. *menginget2*

Ya udah, postingannya sampai sini aja. Hihihi :D

Gambar dicomot dari sini tanpa izin.

Related posts :

15 thoughts on “Gerhana Matahari”

  1. Jaman dulu itu, sinetron Gerhana itulah yang mempopulerkan nama Ruhut Sitompol a.k.a Poltak si raja minyak sebagai artis sinetron. Kini dia naik daun lagi, makanya disambut Gerhana Cincin :P

  2. Sayang… dirikyu nggak bisa nonton itu gerhana, sis (emangnya bioskop? :p).
    Btw sinetron Gerhana waktu jaman2nya udah lulus SMA (awal2 lulus) gitu hehehe.

  3. but because she remained true to herself and her beliefs, she’ll grow in a very real, very amazing way. The information will never be enough to handle the unexpected issues. You should make greater effort to be able to handle that.

Leave a Reply