Diskusi Buku Catatan Seorang Demonstran Hadir di 5 Kampus di Indonesia

(salah satunya di kampus tercinta gw, Universitas Hasanuddin)
Sebagai kelanjutan dari dukungannya dalam peluncuran kembali kumpulan catatan harian seorang aktivis muda angkatan ’66, Soe Hok Gie, berjudul “Catatan Seorang Demonstran”, A Mild bekerjsama dengan Miles Films dan 5 kampus di Indonesia akan menyelenggarakan serangkaian acara Diskusi Buku Catatan Seorang Demonstran yang diberi tajuk Gie Goes to Campus (GGTC).
GGTC pertama telah sukses dilangsungkan di Jakarta pada 8 Juni lalu dan berikutnya akan hadir di kota Makassar (18 Juni), Surabaya (20 Juni), Semarang (21 Juni) dan rencanya ditutup di kota Bandung (22 Juni). Roadshow GGTC ini menghadirkan para pembicara ternama seperti Mira Lesmana (Produser Film GIE), Nicholas Saputra (Aktor Film GIE) serta pembicara tamu lainnya. Dalam acara ini juga akan diputarkan potongan adegan dari film GIE karya sutradara Riri Riza.
Buku Catatan Seorang Demonstran (CSD) adalah kumpulan catatan harian seorang aktivis muda angkatan ’66 bernama Soe Hok Gie. CSD yang pertama kali diterbitkan olh LP3ES pada tahun 1983 ini menjadi menarik karena Soe Hok Gie sangat berani dalam mengomentari berbagai hal dan peristiwa, dari soal cinta, filsafat sampai politik. Buku ini juga menjadi sumber inspirasi pembuatan film GIE yang akan beredar serentak di bioskop-bioskop 10 kota besar di Indonesia mulai 14 Juli 2005.
GGTC terbuka untuk umum dan acara ini tidak memungut bayaran.

MAKASSAR
Tanggal / Pukul : Sabtu, 18 Juni 2005 / 13.30-15.30 WIB
Tempat : Gedung Pertemuan Ilmiah, Universitas Hasanuddin
Pembicara :
Mira Lesmana (produser film GIE)
Nicholas Saputra (aktor film GIE)
Lukman Sardi (aktor film GIE)
Ambo Enre, S.Sos

Been there yesterday. Yay!
Diskusi diawali dengan potongan film Gie. Soe Hok Gie berdemonstrasi memakai jaket kuning Universitas Indonesia (UI), kemudian juga ada tentang cerita hidupnya secara personal, termasuk love story-nya :P Dan juga sebagai mahasiswa pencinta alam.
Soe Hok Gie, dalam film itu, di tengah kerumunan ribuan demonstran mahasiswa UI, dengan poster anti-Bung Karno, hingga protes terhadap komunisme dan tentara. Juga Gie, ketika berdiam dan depresi setelah naiknya Soeharto, dan kekecewaannya, tampil dengan kekhasan tas cangklong, lugu, tegas terkadang emosional.
Premiere-nya di seluruh bioskop Indonesia mulai 14 Juli mendatang, keren banget. A must seen movie!! Jadi catet di agenda masing-masing ya!

Related posts :

8 thoughts on “Diskusi Buku Catatan Seorang Demonstran Hadir di 5 Kampus di Indonesia”

  1. Hello there! Just want to say that I find your site enough interesting for me. Usefull information and all is good arranged. Thank you for your work. I will visit your site more ofter from now and I bookmarked it.

Leave a Reply