Blogger Peduli, Pedulikah Kamu?

banner-460x90.jpg

Berawal dari ide seorang Epat yang kemudian dilemparkan ke milis KopdarJakarta, mengajak teman-teman di milis tersebut untuk membentuk Blogger Emergency Respons Team. Blogger Emergency Respons Team ini diharapkan untuk men-support bencana-bencana yang memang sering terjadi di negeri ini. Disamping kekuatan blogger selama ini adalah dari sisi viral publishernya untuk sisi informasi lokasi bencana yang lebih aktual, aksi-aksi sosial selama ini yang sudah dikerjakan oleh teman-teman blogger bisa sebagian di berikan ke daerah-daerah bencana ataupun bahkan bisa dilanjutkan untuk membantu pada daerah bencana tersebut. Istilah Blogger Emergency Response Team ini kemudian berganti menjadi Blogger for Humanity, dan kemudian diganti lagi menjadi Blogger Peduli.

Kemudian tidak lama saya menemukan Ndorokakung menulis di plurknya tentang hal ini, yang akhirnya membuahkan beberapa ide, salah satunya membuat milis sebagai wadah komunikasi, dan membuat blog khusus untuk aksi ini. Blognya bisa diintip di sini. Di plurk tersebut pun saya berharap agar aksi ini dapat dimaksimalkan dan digaungkan secara nasional dengan melibatkan seluruh komunitas blogger di Indonesia ini, tidak hanya terkonsentrasi ke daerah-daerah tertentu saja. Terlibat dalam artian ambil bagian dalam prosesnya.

Blogger Peduli mengajak seluruh teman-teman blogger se-Indonesia turut berpartisipasi dan terlibat bersama-sama memikirkan bangsa dan negara kita yang sering terkena bencana. Tidak usah jauh-jauh sampai ke negara orang untuk melakukan aksi sosial, tapi benahi dulu di negara sendiri. Masih banyak saudara sebangsa dan setanah air yang menjadi korban bencana. Mereka juga sangat memerlukan pertolongan dan kasih sayang kita semua, mereka butuh perhatian dan bantuan agar mereka dapat melanjutkan hidup.

Seringkali berita bencana di negara sendiri “tertutupi” oleh berita di negara lain yang lebih dashyat, menyebabkan minimnya kabar tentang korban bencana dan mereka yang lebih membutuhkan bantuan. Mungkin pepatah yang cocok untuk ini adalah “semut di seberang lautan nampak jelas, gajah di pelupuk mata kasat mata“.
Di sini lah keterlibatan kita sebagai blogger, yang memegang kendali atas pemberitaan di dunia maya. Kalau bukan kita yang bergerak sekarang, siapa lagi?

blogger_peduli.jpg

Blogger Peduli adalah jaringan blogger dan komunitas blogger di Indonesia yang peduli pada isu-isu tentang bencana dan terutama penanganan korban bencana.
Kepedulian terhadap bencana sengaja menjadi fokus perhatian mengingat Indonesia adalah wilayah yang rawan bencana, seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi dan vulkanik, juga tsunami. Upaya pemerintah dipandang kurang memadai ketika menolong para korban. Blogger sebagai bagian dari masyarakat madani perlu ikut membantu meringankan penderitaan para korban bencana.
Blogger Peduli menyediakan berita dan informasi mengenai bencana di Indonesia melalui blog. Blog Blogger Peduli dikelola bersama oleh komunitas blogger di seluruh Indonesia. Gerakan ini juga terbuka terhadap semua bentuk bantuan dan kerja sama dengan pihak lain, termasuk pakar bencana yang hendak berbagi pengetahuan.
Blog Blogger Peduli menjadi sarana komunikasi dan berbagi antarsesama blogger maupun antara blogger dan masyarakat luas, serta dokumentasi isu dan kegiatan para blogger yang berkaitan dengan bencana.

Mau gabung dengan Blogger Peduli? Silakan subscribe di Milis Blogger Peduli.

Blogger peduli, pedulikah kamu?

Posting terkait:
Misi Pecas Ndahe
Saatnya “Blogger Peduli”
Blogger Peduli, Jaringan Blogger Peduli Sesama
Blogger Peduli

13 thoughts on “Blogger Peduli, Pedulikah Kamu?”

  1. Pertamas.. (pertamax-nya occote logat bugis)

    we, itu bannernya toh.. kalo ada spasi setelah huruf G di tulisan ‘Gempa’, tulisannya jadi ‘BANTUKORBANG EMPA’.

    hAHAHAHAHAHA
    *ndak penting banget komentarnya*

  2. mudah-mudahan dengan adanya wadah bloggerpeduli ini akan memberikan sumbangsih bantuan kepada para korban bencana. ayo bantu saudara-saudari kita yang membutuhkan bantuan!
    semoga ini bisa terwujud!

  3. Siiip. Sekarang ini Blogger bukan hanya nge-blog saja tapi saya beberapa kali melihat komunitas Blogger melakukan kegiatan sosial seperti ini.

    Salam kenal dari Blogger NGawi.. :)

  4. Setuju banget…
    Sekarang saatnya kita sebagai blogger indonesia ikut andil dalam membantu saudara-saudara kita yang sedang tertimpa musibah, sedikit apapun bantuan yang kita berikan bagi mereka itu adalah sebuah harapan yang sangat berarti.
    Semoga apa yang kita harapkan benar-benar terwujud,Amiiiiiin……!!!!!!!!

  5. JANGAN MENYERAH
    Mari Membeli Masa Depan

    Banyak sekali diantara kita semua yang terjebak dalam lubang pengangguran.
    Menyedihkan memang ketika kita berulang kali keluar masuk dari satu perusahaan keperusahaan lain namun hasilnya tepap sama,DITOLAK!!!.
    Mungkin juga diantara kita berfikir kenapa untuk menempuh jenjang pendidikan yang tinggi membutuhkan biaya yang tidak sedikit,bahkan cenderung makin menjerat.
    Sedangkan untuk memperolah pekerjaan yang layak baik di instansi pemerintah maupun perusahaan swasta selalu disyaratkan: MINIMAL D3 atau S1.
    Salah siapa?!
    Apakah anda ingin berubah?
    Atau ingin selalu dijajah?

    ANDA BUTUH IJAZAH UNTUK MELAMAR KERJA/MELANJUTKAN KULIAH/KENAIKAN JABATAN?!?!

    -SMU:3.000.000
    -D3:6.000.000
    -S1:8.000.000

    * AMAN, LEGAL, TERDAFTAR DIKOPERTIS, BISA UNTUK MASUK(PNS, TNI, POLRI).

    JUGA MELAYANI PEMBUATAN SURAT SURAT PENTING SEPERTI:SIM, STNK, KTP, REKENING BANK, SURAT TANAH, AKTE KELAHIRAN.BPKB, N1, SURAT NIKAH, DLL.

    SYARAT:KTP/SIM,FOTO BERWARNA DAN HITAM PUTIH,UNIVERSITAS YANG DITUJU,IPK YANG DIMINTA(MAX 3,50),TAHUN KELULUSAN YANG DIMINTA,ALAMAT PENGIRIMAN YANG DIMINTA.KIRIM KE:arief_gagah@yahoo.com

    BERMINAT?

    HUB: 085736927001.

    (HANYA UNTUK YANG SERIUS SAJA)

    Nb:Semua manusia berhak meiliki pekerjaan dan pendidikan yang layak,entah dari kalangan atas,menengah dan bawah.Maka dari itu kami ada untuk anda yang mebutuhkan ijazah atau surat-surat penting lainnya.

    TERIMAKASIH

Leave a Reply