7 Tahun Blogfam!

BlogfamTanggal 6 Desember kemarin adalah hari ulang tahun Blogfam yang ke-7 tahun. Maaf teman-teman blogfammers, saya postingnya telat ya :D maklum akses internet ga ada di rumah, jadi harus ke tempat yang menyediakan free wifi terdekat :D

Anyway, BLOGFAM a.k.a Blogger Family. Komunitas ini merupakan komunitas blogger pertama yang saya kenal dan saya ikuti selama saya berkecimpung di dunia blogging.

Seperti tertera di statistik hasil capture di atas ini, saya bergabung di BLOGFAM sejak tanggal 15 April 2004. Saya ikut di forum ini karena sebuah banner yang bernama BLOGGER FAMILY (waktu itu bannernya masih yg warna biru, edisi pertama dari banner BLOGFAM) di blog Ganda, teman blog saya sejak tahun 2003. Hahaha #pengakuan saya jadi blogwalking ke tempat Ganda karena tulis postingan ini :D

Curious ama banner tersebut, saya klik dan join. Tapi saya lupa, apakah saya langsung perkenalan saat itu apa belum. Yang pasti, sejak perkenalan dan bersilaturahmi di dalam komunitas ini, saya merasa berada di keluarga sendiri. Kehangatan dan kekeluargaan di dalam komunitas ini sangat terasa, membuat saya benar-benar berada di rumah sendiri.

Penataan forumnya pun diposisikan seperti sebuah rumah. Ada beranda / serambi, ada ruang tamu, ada dapur, bahkan KT alias kamar tidur :D Untuk masuk di kamar tidur ini, harus ada verfikasi dari admin BLOGFAM bahwa benar kita telah berusia di atas 17 tahun (atau 21 tahun ya?) :D

Tahun berikutnya, saya dipercayakan menjadi moderator, dan memegang beberapa ruangan di BLOGFAM. Salah satunya tentang kesehatan, ngurusin ruangan ini berdua dengan dr Rosalina. Saat itu saya masih mahasiswa hihi.

BLOGFAM sendiri merupakan cikal bakal dan inspirasi kuat atas berdirinya Komunitas Blogger Makassar Angingmammiri. Saya belajar banyak dari BLOGFAM. Tentang keorganisasian dunia maya, tentang menulis, tentang mengorganisir komunitas, tentang mencintai sebuah komunitas seperti keluarga sendiri, dan masih banyak lagi. Untuk hal-hal yang telah saya pelajari dari BLOGFAM, saya sangat berterima kasih kepada teman-teman di BLOGFAM, utamanya jajaran moderator dan admin saat itu, dan khususnya untuk Maknyak, emaknya BLOGFAM hingga sekarang. Love you, mak! Mwah!

blogfam makassarFoto di sebelah ini dibuat di kopdar BLOGFAM Kelurahan Makassar yang kedua. Yang pertama saat Maknyak datang ke Makassar untuk riset tentang perpustakaan dalam rangka penyusunan thesis beliau di Montreal. Tampak dalam foto adalah saya, dr Adhi, dan Leo. Karena ada pertemuan, lalu diikuti dengan pertemuan-pertemuan berikutnya, maka terkumpul lah blogger-blogger yang ada di Makassar, dari yang tidak “terdeteksi” menjadi “terdeteksi”. Hehehe :D
Pertemuan-pertemuan yang kemudian melahirkan Komunitas Blogger Makassar Angingmammiri.

BLOGFAM Kelurahan Makassar

Karena BLOGFAM juga, saya jadi punya tulisan yang dipublikasikan dalam sebuah buku. Walau buku itu adalah buku keroyokan bersama ke-11 penulis BLOGFAM lainnya, hal ini merupakan sesuatu yang sangat membahagiakan di tahun tersebut. Tanggal 1 Juli 2006, buku “Ortu Kenapa, Sih?” terbitan Penerbit Cinta (merupakan anak dari Penerbit Mizan), diluncurkan di MP Book Point, Jl. Puri Mutiara – Jakarta. Kemudian, buku tersebut dapat ditemukan di toko buku mana pun di negeri ini. Senang rasanya.

Karena BLOGFAM juga, saya dapat pengalaman untuk join dan menjadi tukang jaga rubrik di majalah online milik BLOGFAM, yaitu BZ!BlogFam. Majalah online ini dikelola oleh anggota blogfam yg terdiri dari berbagai profesi dari dokter, lawyer, novelis, jurnalis, dosen, praktisi IT sampe ibu rumah tangga berkewarganegaraan Indonesia tetapi mereka semuanya blogger dan pinginnya tetep menggunakan bahasa2 yg ringan2 saja.
Sayangnya majalah online ini hanya bertahan selama beberapa tahun, kemudian perlahan kehilangan semangat. Walaupun demikian, majalah online merupakan majalah online pertama yang dikelola oleh komunitas blogger, dan isinya pun tidaklah dangkal. Di dalamnya tercatat perjalanan dunia blogger dari tahun ke tahun.

blogfam dan bowling
BFB (Blogfam Fun Bowling) di Automall, Jakarta, tahun 2005.


Penampakan buku “Ortu Kenapa, Sih?” di Gramedia Mal Panakukkang


Wawancara di radio Pesona FM 103,8 MHz, Jakarta, dalam acara Rona Senja dengan penyiar mbak Diba Jafar. Wawancara bareng penulis OKS lainnya.


Launching buku “Ortu Kenapa, Sih?”


Wawancara di RSI (Radio Singapore International) untuk buku “Ortu Kenapa, Sih?”. Thanks to pak JaF ^^

pelatihan blog
Pelatihan blog yang pertama di Makassar, kerjasama dengan BLOGFAM dan KSepuluhNet

blogfam kelurahan makassar
Teman-teman blogger Makassar yang waktu itu bantuin ngurusin pelatihan blog, dan merupakan cikal bakal Angingmammiri.

kue ultah blogfam
Blogger Makassar merayakan ultah BLOGFAM yang ke-3, 6 Desember 2006.

Ada banyak sekali cerita, ada suka dan duka bergabung di keluarga virtualku ini, Blogger Family (BLOGFAM). Di tahun ini, saya senang dapat melibatkan teman-teman BLOGFAM juga di Pesta Blogger+ 2010 yang dilaksanakan tanggal 30 Oktober 2010 yang lalu.

Harapan saya sangat sederhana untuk BLOGFAM. Tetap semangat, tetap memberikan warna, dan tetaplah menjaga kehangatan dan rasa kekeluargaan yang ada di dalam BLOGFAM, sampai selamanya.

Hidup BLOGFAM! Mwah!

Related posts :

18 thoughts on “7 Tahun Blogfam!”

  1. kok yang diposting draft yang ini sih? *nunggu positingan draft yang itu*

    oiya, selamat ulant tahun, blogfam!

    #daptardoangbelumpernahpostingdiforumnya :D

  2. Rara … ah, bangganya saya melihat salah satu blogfammer akhirnya mencuat menjadi salah satu blogger ternama tanah air. Ikut bangga lho waktu Rara didapuk jadi manusia kursi kemarin. Thanks partisipasinya dalam posting kembar ini ya.

  3. dulu keknya sy juga numpang daftar di blogfam waktu awal ngeblog, tapi sekarang masih ada akun sy ngak ya?
    anyway selamat, blogfam jg menjadi tempat belajar saya lho :)

  4. tawwa kerennya tulisannya, iya di’ kita akrab di AM langsung krn blogfam…sampai2 menceritakan AM juga di postingan kembar ini…Thanks yah tulisannya keren, met Ultah Blogfam :)

  5. keren mba rara
    saya baru tau blogfam ini *dasar ndeso* :D
    ketinggalan berita banget donk padahal udah 7 tahun yaaa
    dan keren2 kegiatannya
    selamat dan sukses buat komunitas blog fam dan anging mamiri
    semoga kita bisa ketemu di acara ultah dblogger nanti :)

Leave a Reply