100% Bebas Asap Rokok

World No Tobacco Day 2007

Kepada: pengelola tempat-tempat umum

Penelitian ilmiah tentang bahaya perokok pasif telah dilakukan selama lebih dari 20 tahun. Tidak ada keraguan bahwa merokok secara pasif sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, menyebabkan kanker dan banyak penyakit pernafasan serta kardiovaskuler pada anak-anak serta orang dewasa, dan tidak jarang mempercepat kematian.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah berkesimpulan bahwa asap rokok, sekecil apapun jumlahnya, tetaplah berbahaya. Rekomendasi WHO tentang hal ini mengatakan bahwa satu-satunya cara untuk melindungi masyarakat dari bahaya asap rokok adalah dengan memberlakukan peraturan 100% bebas asap rokok bagi tempat-tempat umum.

Hak untuk mendapatkan udara bersih, bebas dari asap rokok adalah hak umat manusia.

Dengan demikian, kami meminta anda untuk melindungi kesehatan pegawai, pekerja dan masyarakat umum dengan cara menerapkan peraturan yang 100% melarang merokok di tempat-tempat umum. Kami percaya, langkah ini adalah langkah yang sangat penting untuk melindungi kesehatan kita dan anak-anak kita semua.

Tertanda,

Irayani Queencyputri a.k.a RaRa

Related posts :

30 thoughts on “100% Bebas Asap Rokok”

  1. Raraaaa apa kabar?
    Di Inggris,larangan untuk merokok di tempat-tempat umum berlaku mulai tgl 1 July mendatang.
    Hidup bebas rokok.

  2. hehehe…sepakat…sepakat. Soalnya saya termasuk ‘victim’ tiap kali naik angkot dan orang2 dekat saya selalu merokok. Pernah beberapa kali hampir berkelahi malah, coz dah ditegur baik2 malah cuek saja :D

    salam,
    ur bro [Muhammad Ilham]

  3. ada seorang dokter melarang pasiennya yang berumur 60an tahun untuk merokok,
    dokter : ‘pak, kalo bapak kumpulin uang untuk membeli rokok sejak bapak remaja maka bapak akan bisa membeli hotel bintang lima’
    pasien : ‘pak dokter merokok?’
    dokter : ‘tentu tidak pak’
    pasien : ‘jadi pak dokter sudah punya hotel bintang lima dong?’
    dokter :’!@#$%^&’

  4. rokok adalah kebohongan industri periklanan. juga adalah tentang gak-niatnya pemerintah. jelas, secara cukai rokok nyumbang negara banyak bgt!

    *bakar rokok*

  5. Paling menjengkelkan kalau ada orang yang ngerokok di pete – pete. Padahal sudah pura pura batuk tetap saja dengan santainya menyebarkan asap ke mana mana…argh….

  6. Waduh… komentarnya pada baek2… tapi saya setuju banget dengan Anda semua…. coz rokok membahayakan siapa saja… Larangan merokok di tempat2 umum patut diperjuangkan… dan saya dukung 100%, meskipun saya adalah perokok berat…

    Meski perokok berat, saya sangat tau diri, jangan sampe ngrokok di angkot, atau di kumpulan orang yang gak ngrokok…

    btw, udah kembali ya non dari lbur panjangnya…?

  7. — knapa sa kebagian kikod tikus?? —

    wah ada acara bagi2 pin AM ya…
    wah curang, ndak dikasihka; juga…hehehe
    pasti gara2 Ndy punya jerawat berjudul DgMarowa….:p

    —-
    hidup rokok tanpa pengisap!!!

  8. — wah mau dunk pin nya

    — wkkkk secara bisot smokers cuma ngangguk2 aja nih

    — yang ngerokok dalam angkot.. gak punya otak tuh

    — sekarang bedain tempat umum dan tempat private gimana ra?, supaya kalo bisot lg ngerokok gak di omelin ibu Rara wkkkkk

    peace ahhhh…

  9. Pernah ga mikirin bahwa orang yang tergantung hidupnya dari pabrik rokok mencapai puluhan ribu, bahkan mungkin ratusan ribu?
    Pernah ga mikirin jalan keluar bagi para buruh pabrik rokok jika pabrik rokok tutup?
    Mashuri bilang pabrik rokok bertambah, saya bilang berkurang dan sekarang (tgl 5 Juni 07) minimal sudah ada 3000 orang mantan buruh rokok di jawa tengah sejak 3 bulan terakhir, dan saya tidak tahu mereka bekerja apa sekarang.
    Saya mendukung perokok? Tidak, saya tidak mendukung perokok.

    Saya mendukung perbaikan kualitas pendidikan dan kesadaran akan kepentingan umum, supaya orang tidak bersenang-senang di atas penderitaan orang lain. Artinya: yang merokok tahu diri untuk tidak bersenang-senang merokok di tempat umum yang tertutup, dan yang anti rokok tidak bersenang-senang kampanyenya berhasil tapi mengorbankan ribuan buruh beserta keluarganya.

    Maaf kalau terlalu sinis.

  10. @kelana

    Opini yang memang terasa sinis, tapi… ya, menarik. Bagus. Sebagai salah satu dari perokok, dan cukup mengerti dunia rokok-merokok *halaahh..* di negeri ini, tentu saja saya akur-akur saja.

    Tapi, saya ndak meliat ada tuntutan penutupan pabrik rokok di blog ini. Mashuri cuma ngeluh kalau *menurutnya* pabrik rokok bertambah dan pemerintah seperti tidak konsekuen. Menurut saya ya seperti itu. Postingan di sini merujuk ke tempat-tempat umum, kan? Nah.. itu memang yang harus mulai diajari ke perokok-perokok sebangsa saya dan lain-lainnya. Bahwa kebebasan saya untuk merokok tidak merampas kebebasan orang lain untuk menghirup udara tanpa asap rokok.

    Menderita kalo tidak merokok? Bagi saya, iya. Karena bagi saya rokok itu alternatif lepas *meski ini mungkin salah bagi yang lain* dari ganja. Udah tiga tahun lebih, dan mesti diakui kalau saya malah jadinya adiktif rokok.

    Rokok ini memang komplex masalahnya. Kita beranggapan negara diuntungkan atau itu merupakan rokok lokal. Tapi lihatlah siapa empunya Sampoerna Mild atau Dji Sam Soe sesungguhnya? Phillip-Morris, yang bahkan rokoknya tak bisa dihisap dalam even-even besar seperti liga-liga sepak bola :))

    Alternatif bagi buruh rokok?
    Pemerintah bisa mentransmigrasi sekian ratus keluarga dulu, kenapa sekarang tak bisa? Masih banyak lahan yang kosong untuk digarap. Masih banyak dana negara terhambur begitu saja untuk anggaran tak perlu daripada mensejahterakan rakyat.

    Haalaahh… jadi nge-blog di blog-nya Rara

    *Sori Bu Dokter… masih merokok tapi ngoceh begini :P *

  11. Daripada ngerokok, mendingan nge-sisha..
    Hehehe…

    Kalo bikin peraturan pelarangan merokok sih ngga mungkin, karena itu hak orang.
    Makanya saya mendukung 100% pelarangan merokok di tempat umum!

  12. Saya sangat mendukung dengan bermunculan situs, webblog dan forum komunikasi seperti ini. Saya berharap dengan adanya terus-menerus informasi tentang bahaya dan dampak dari merokok, maka kita semua bisa bebas dari kepungan asap rokok dan mari kita dukung semua GERAKAN ANTI ROKOK. Bagi Anda mungkin yang SANGAT SULIT untuk berhenti merokok. Tolong mulailah dari hati kecil Anda untuk berhenti demi kesehatan diri dan keluarga. Namun bila masih tetap saja SANGAT SULIT untuk berhenti merokok. Hal itu adalah wajar, karena semua itu pengaruh NIKOTIN, TAR dan RACUN KIMIA yang mengandung pada setiap batang rokok yang Anda hisap. INGIN BERHENTI SENGERA? Hubungi saya untuk mendapatkan SOLUSI JITU ( Terbukti 15 Menit, Langsung Terasa ) di No. HP 0813 600 67 600 atau rokoksehat@yahoo.com atau kunjungi http://www.dilarangmerokok.com

Leave a Reply